Langkah Yang Harus Dilakukan Saat Anak Kejang

78 views Leave a comment
o-SICK-BABY-facebook

Dailymoslem – Panas yang terlalu tinggi pada anak dapat menimbulkan kejang. Setiap anak memiliki tingkat toleransinya sendiri. Ada beberapa anak yang mengalami kejang pada suhu tubuh 38C ada juga yang baru mengalami kejang setelah mencapai 39 C. Namun sebenarnya kejang tidak hanya ditimbulkan dari demam, kejang pun bisa tiba-tiba dialami tanpa disertai demam. 

Kejang tersebut diakibatkan adanya kontraksi otot yang berlebihan pada waktu tertentu. Mulai dari beberapa detik hingga puluhan menit. Biasanya anak akan memuntahkan cairan (liur) yang tak terkontrol atau bahkan buang air kecil dan buang air besar.

Ada beberapa artikel yang menyebutkan bahwa saat anak kejang sebaiknya diminumkan campuran kopi agar meredakan kejangnya. Hal itu sebenarnya salah, karena malah akan memperparah kejang bahkan menutup saluran napas. Berikut ini yang seharusnya dilakukan oleh orang tua:

  • Segera beri obat penurun panas begitu suhu tubuh anak melewati angka 37,5 C.
  • Kompres dengan lap hangat (yang suhunya kurang lebih sama dengan suhu badan si kecil). Jangan kompres dengan air dingin, karena dapat menyebabkan “korsleting”/benturan kuat di otak antara suhu panas tubuh si kecil dengan kompres dingin tadi.
  • Agar si kecil tidak cedera, pindahkan benda-benda keras atau tajam yang berada dekat anak. . Tak perlu menahan mulut si kecil agar tetap terbuka dengan mengganjal/menggigitkan sesuatu di antara giginya. Miringkan posisi tubuh si kecil agar penderita tidak menelan cairan muntahnya sendiri yang bisa mengganggu pernapasannya.
  • Jangan memberi minuman/makanan segera setelah berhenti kejang karena hanya akan berpeluang membuat anak tersedak.

Setelah anak berhenti kejang, sebaiknya segera hubungi dokter untuk langsung mendapatkan tindakan yang tepat.

Baca juga:

Manfaat Tidur Siang Bagi Anak untuk Kesehatan dan Kecerdasan

7 Makanan Buatan yang Perlu Diwaspadai untuk Kesehatan

Awal Mestruasi Teryata Dapat Prediksi Kesehatan Masa Depan

(Visited 131 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS