Ladies, Waspadai Kista, Kenali Gejala dan Pencegahannya Berikut Ini

74 views Leave a comment
Ladies, Waspadai Kista, Kenali Gejala dan Pencegahannya Berikut Ini

Dailymoslem – Meski menjadi penyakit yang ditakuti banyak wanita, nyatanya masih banyak kaum hawa yang memahami betul gejala dan pencegahan penyakit kista itu sendiri.

Menurut Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis kebidanan, kandungan dan reproduksi si Yale University School of Medicine, kista terbentuk ketika folikel di kandungan tidak melepaskan sel telur. Folikel tersebut akan mengembang dan menjadi kista folikel atau kista ovarium. Berikut ini gejala dan pencegahan kista seperti dilansir dari health.com.

Gejala Kista

Seringkali seorang wanita tidak menyadari adanya kista dalam organ reproduksinya, namun sebenarnya kista bisa dideteksi jika kita lebih peka. Gejalanya biasanya berupa nyeri di bagian panggul atau nyeri perut yang begitu hebat ketika sedang menstruasi. Selain itu, menstruasi yang tidak teratur juga bisa menjadi salah satu gejala kista.

Beberapa kasus kista yang terjadi pada wanita menyebabkan pendarahan hebat di organ intim atau adanya infeksi di sekitar daerah kewanitaan. Selain itu, gejala lainnya berupa mual, muntah dan lelah berlebih. Segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala ini.

Cara Pencegahan Kista

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kista di rahim adalah dengan hamil. Kehamilan dapat memicu turunnya risiko kista dan menekan pertumbuhan kista. Para peneliti menyebutkan, seorang wanita tidak akan mengalami ovulasi ketika hamil, sehingga pertumbuhan kista dapat ditekan selama hamil.

Selain dengan hamil, kista juga bisa dicegah dengan konsumsi pil KB yang juga akan membuat wanita tidak mengalami ovulasi. Selain itu, pencegahan kista juga bisa dilakukan dengan konsumsi makanan sehat seprti sayur dan buah segar. Pastikan juga kebersihan organ intim, olahraga cukup dan hindari stress.

Itulah beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk menekan pertumbuhan kista di rahim. Yang terpenting adalah menjaga asupan makanan dan juga kebersihan organ intim. Pada intinya, pola hidup yang baik dan bersih akan membuat seluruh tubuh kita menjadi sehat. Begitu juga sebaliknya, pola hidup yang tidak sehat dan tidak higienis dapat menyisakan penyakit di tubuh.

(Visited 62 times, 1 visits today)