Kulit Lebam Tiba-Tiba Tanda Tubuh Mengalami Penyakit Ini

598 views Leave a comment
Kulit Lebam Tiba-Tiba Tanda Tubuh Mengalami Penyakit Ini

Dailymoslem – Pernahkan kamu mengalami lebam yang tiba-tiba? Kulit membiru padahal kamu tak merasa jatuh atau terbentur sesuatu. Beberapa orang mengaitkannya dengan hal-hal mistis, seperti di sentuh hantu dan lain sebagainya.

Padahal, memar yang tiba-tiba itu adalah tanda bahwa tubuh sedang mengalami gangguan. Beberapa diantaranya adalah:

Kekurangan vitamin C

Saat tubuh kekurangan vitamin C, beberapa pembuluh darah kecil rentan untuk pecah dan hal itu menyebabkan memar yang tiba-tiba. Vitamin C tersebut juga sangat penting untuk membantu menyembuhkan luka dan pembentukan kolagen.

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa obat yang dirujuk dokter juga ternyata dapat menyebabkan memar pada kulit. Obat-obatan tersebut diantara lain aspiri, kontrasepsi serta asteroid.

Penuaan

Semakin tua seseorang, prodeksi kolagen dan lapisan lemak yang melindungi kulit menurun. Hal itu tentu saja mempermudah risiko kulit menjadi tiba-tiba kebiruan. Biasanya ini terjadi pada usia diatas 60 tahun.

Olahraga terlalu berat

Melakukan olahraga yang terlalu berat menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan akhirnya menimbulkan memar pada kulit. Meskipun tidak mengalami benturan, namun tetap saja risiko kulit lebam dapat terjadi ketika berolahraga terlalu keras.

Diabetes

Kemungkinan lain dari memar yang tiba-tiba adalah gejala awal diabetes. Saat seseorang mengalami diabetes biasanya pembuluh darah menjadi lemah dan berisiko mengalami pendarahan kapiler internal sehingga menimbulkan lebam dikulit.

Kelainan darah

Beberapa kelainan darah seperti hemophilia atau kanker darah memang membuat penderitanya mengalami memar dengan sangat mudah. Namun selain menyababkan lebam, penyakit ini juga mempengaruhi kondisi tubuh yang lain seperti lemas berlebihan.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa tiba-tiba ada lebam pada kulit kita. Jika mengalami kemungkinan penyakit seperti diabetes atau kelainan darah yang disertai dengan gejala-gejala lain sebaiknya langsung hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan.

 

Baca juga:

Diet Buah Pir Ternyata Lebih Bagus Daripada Apel Dan Pisang

4 Buah-Buahan yang Bisa Menambah Berat Badan

Manfaat Buah Takokak Untuk Mata Minus

(Visited 1,016 times, 3 visits today)