Kondisi Ibu Hamil yang Stress Akan Pengaruhi Pertumbuhan Anak

83 views Leave a comment
Kondisi Ibu Hamil yang Stress Akan Pengaruhi Pertumbuhan Anak

Dailymoslem – Pertumbuhan fisik, kepribadian dan kecerdasan anak telah dimulai bahkan sebelum anak tersebut dilahirkan. Kondisi psikis ibu juga bisa sangat berpengaruh terhadap anak, apalagi jika ibu hamil sampai stress.

Studi ini dilakukan oleh Universitas di Australia University of Notre Dame of Australia, dengan melakukan pengamatan kepada beberapa anak remaja antara usia 10, 14 dan 17 tahun. Tes  yang dilakukan adalah mengenai sistem motorik, seperti kekuatan menggenggam, lompat jauh dan berapa lama mereka dapat berdiri dengan satu kaki.

Dalam penelitian ini ditemmukan bahwa ibu yang mengalami tiga atau lebih jenis stress selama masa kehamilannya menghasilkan anak yang skor perkembangan motoriknya lebih rendah dibanding ibu yang mengalami kurang dari tiga jenis stress selama kehamilan.

Dari penelitian tersebut juga ditemukan bahwa stress yang terjadi pada kehamilan usia tua ternyata bisa lebih berpengaruh dibanding stress di usia kehamilan muda. Hal ini karena di usia kehamilan tua bayi sedang emngalami perkembangan bagian otak kecil (cerebellum) yang bertanggung jawab untuk perkembangan keseimbangan dan koordinasi gerak.

Selengkapnya baca di sini.

(Visited 199 times, 1 visits today)