Cek Warna Urine Bisa Prediksi Penyakit Di Tubuh

557 views Leave a comment
Cek Warna Urine Bisa Prediksi Penyakit Di Tubuh

Dailymoslem – Tubuh secara alami mengeluarkan zat sisa dalam tubuh dengan dua cara yaitu melalui feses dan urine. Urine atau lebih familiar dikenal sebagai air kencing ini juga bisa menjadi indikator adanya gangguan kesehatan dalam tubuh.

Selain melakukan pengecekan berlanjut oleh tim kesehatan, sebenarnya warnu urin pun setidaknya dapat memberikan informasi mengenai gangguan kesehatan apa yang sedang terjadi di dalam tubuh. Berikut penjelasannya.

Warna urine jernih

Urine yang berwarna jernih menandakan jika cairan yang masuk ke dalam tubuh dikategorikan terlalu banyak. Hal ini sebenarnya tidak terlalu baik untuk kesehatan karena dapat menipiskan kadar garam dalam tubuh. Namun begitu, kekurangan air pun akan memicu gangguan kesehatan yang lebih parah. Jadi alangkah lebih baik minumlah air dalam kadar yang wajar, setidaknya 8 gelas perhari.

Warna urine kuning seperti madu

Warna kuning pucat seperti madu merupakan warna umum urin manusia. Hal ini menunjukkan jika cairan dalam tubuh dalam kadar yang cukup dan tidak ada yang harus dikhawatirkan.

Warna urine cokelat

Hal ini menandakan jika tubuh mengalami dehidrasi. Selain itu warna urine yang cokelat pun dapat menandakan jika organ hati tidak berkerja dengan baik sehingga garam yang seharusnya dibuang melalui feses ikut larut dalam air kencing sehingga membuatnya menjadi lebih gelap.

Warna urine kemerahan

Infeksi saluran kemih, batu ginjal, kanker kandung kemih hingga kanker prostat merupakan penyakit yang mmebuat warna urine menjadi kemerah-merahan. Namun begitu ada juga yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang berwana merah seperti buah bit, blackberry atau sirup dengan pewarna yang kuat.

Warna urine kebiruan

Ada beberapa makanan atau minuman berpewarna biru yang menyebabkan urine menjadi kebiruan. Namun ada juga kemungkinan bahwa telah terjadi kondisi langka yang disebut dengan porfiria. Perhatikan terlebih dahulu warna urin beberapa hari, jika tidak juga berubah lakukan pemeriksaan ke dokter.

Warna urine kehijau-hijauan

Obat-obatan antibiotik makanan dan minuman berwarna dapat membuat urin memiliki warna kehijauan. Selain itu, warna kehijauan ini juga dapat mengindikasi jika terjadi infeksi pada saluran kemih atau jamur.

Urine berbusa

Hal ini terjadi karena urine mengandung protein. Segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ginjal atau kandung empedu sedang mengalami msalah cukup serius.

(Visited 1 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS