Kata Hadits Tentang Makan Kekenyangan

170 views Leave a comment
Kata Hadits Tentang Makan Kekenyangan

Dailymoslem – Islam memiliki aturan tersendiri bagi umatnya untuk menjalani kehidupan. Hal ini tentu untuk kebaikan kita sendiri, sebagai bekal kita menjalani hidup di dunia. Salah satunya adalah aturan dalam hal makan.

Dalam Islam, Rasulullah menganjurkan untuk tidak membiasakan diri makan hingga kekenyangan. Hal ini bisa berakibat buruk karena membuat kita menjadi malas bergerak dan malas beribadah. Dari sisi medis, makan terlalu banyak juga bisa menyebabkan obesitas yang juga membahayakan kesehatan.

Rasulullah SAW bersabda,

“Tidak ada bejana yang diisi anak Adam lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam untuk menegakkan tulang punggungnya. Sepertiga perutnya untuk makanannya, sepertiga untuk minumanya dan sepertiga lagi untuk nafasnya.” (HR. Tirmidzi).

Larangan untuk makan terlalu banyak hingga kekenyangan juga tertulis dalam Al-Qur’an. Allah SWT berfirman yang artinya:

“Makan dan minumlah, tapi jangan berlebih-lebihan. Sesunguhnya Allah tidak senang terhadap orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A`raf ayat 31).

Dikisahkan Nabi Yahya AS berjumpa Iblis yang sedang membawa alat pancing. Bertanya Yahya AS, “Untuk apa alat pancing itu?” “Inilah syahwat untuk mengail anak Adam.” “Adakah padaku yang dapat kau kail?” Iblis menjawab, “Tidak ada, hanya pernah terjadi pada suatu malam engkau makan agak kenyang hingga kami dapat menggaet engkau sehingga berat untuk mengerjakan shalat.” Yahya AS terkejut. “Kalau begitu aku tak akan mau kekenyangan lagi seumur hidupku.”

Sumber: halhalal.com.

(Visited 130 times, 1 visits today)