Kamu Sering Merasa Ngantuk? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

108 views Leave a comment
Kamu Sering Merasa Ngantuk? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Dailymoslem –┬áBeberapa orang mengalami rasa kantuk yang seringkali datang di tiba-tiba di saat yang tidak tepat, sehingga terkadang bisa mengganggu aktivitas yang sedang kita jalani. Rasa kantuk juga terkadang hadir tanpa alasan, padahal kita tidak merasa kurang tidur atau kelelahan, tapi kantuk tetap menyerang.

Nah, jika kamu sering mengalami hal tersebut, mungkin inilah penyebabnya.

Kurang Minum

Penyebab pertama jika kamu sering mengantuk adalah karena kurang minum. Menurut Amy Goodson, ahli nutrisi dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, dehidrasi dapat memengaruhi tingkat efeisiensi jantung memompakan darah. Tubuh kan terasa lemas dan mudah lelah jika jumlah cairan yang diperlukan tidak mencapai kebutuhan, karena oksigen dan nutrisi akan sulit bergerak menuju organ dan otot.

Kurang Zat Besi

Zat besi juga mendukung pergerakan oksigen ke otot dan sel-sel tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh terasa lesu, lemah dan sulit untuk fokus. Anda dapat meningkatkan asupan zat besi dengan mengonsumsi daging sapi tanpa lemak, kacang merah, tahu, telur, sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Tidak Sarapan

Selama tidur, makanan yang telah kita konsumsi digunakan sebagai energi untuk melancarkan aliran darah dan oksigen. Maka dari itu, kita akan merasa lapar dan membutuhkan makanan saat bangun. Oleh karena itu, tidak sarapan dapat menyebabkan tubuh tidak berenergi dan cepat lemas.

Terlau Banyak Makan Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memiliki banyak kandungan gula dan karbohidrat dengan indeks glikemik yang tinggi, hal ini dapat menyebabkan meningkatnya gula darah dan menyebabkan tubuh terasa cepat lelah.

Ketergantungan Pada Kopi

Kebiasaan mengonsumsi kopi di sore hari dapat menyababkan kenyamanan tidur di malam hari menjadi terganggu. Maka, keesokan harinyapun kita jadi cepat lelah.

Nah, itulah 5 hal yang mungkin menyebabkan rasa kantuk yang seringkali sering datang tiba-tiba. Sebaiknya perbaiki pola hidup dengan cukup tidur dan banyak mengonsumsi makanan sehat. Penuhi juga kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh setiap hari. Semoga bermanfaat.

(Visited 147 times, 1 visits today)