Kamu Sering Merasa Cepat Lelah? Mungkin 8 Hal Ini Alasannya

79 views Leave a comment
Kamu Sering Merasa Cepat Lelah Mungkin 8 Hal Ini Alasannya

Dailymoslem – Apakah kamu sering merasa kelelahan meski merasa tidak begadang atau tidak melakukan yang begitu berat? Hal tersebut bisa disebabkan karena kebiasaan sehari-hari dan juga beberapa gejala penyakit tertentu.

Berikut ini 9 hal yang bisa menyebabkan kelelahan pada tubuh, dilansir dari Womensday.

Tidak Bangun Pagi

Tidur terlalu lama dan kebiasaan bangun siang justru dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah. Berdasarkan penelitian yang silakukan oleh Harvard pada 2008, orang yang terbiasa bangun pagi bisa lebih maik dalam mengantisipasi masalah dan lebih proaktif dibanding mereka yang suka begadang dengan bangun siang.

Dikelilingi Orang-Orang Negatif

Lingkungan juga bisa sangat berpengaruh terhadap produktivitas dan kebugaran tubuh. Menurut Vicky Vlachonis, osteopath dan penulis buku The Body Doesn’t Lie, kepribadian orang di sekitar kita bisa berpengaruh pada emosional dan juga fisik. Selain it, orang-orang sinis yang senang komplain dapat menyedot energi seseorang.

Defisiensi Magnesium

Menurut Dr. Mark Hymann, magnesium sebagai mineral relaksasi dapat membantu meningkatkan efektifitas tidur. Untuk mengatasi masalah ini, konsumsi makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat dan juga sayuran hijau.

Tidak Olahraga

Meski melelahkan, olahraga justru bisa menyegarkan tubuh setelahnya. 150 menit latihan sedang selama 1 minggu dapat membuat tubuh menjadi 65 persn lebih berenergi di siang hari.

Kurang Cahaya Matahari

Orang yang terpapar sinar matahari atau cahaya buatan yang sangat terang di pagi hari, produksi melatonin nokturnal mereka muncul lebih awal, sehingga mereka bisa tidur lebih mudah di malah hari, menurut M. Nathanile Mead dalam artikel Environmental Health Perspective.

Stress

Stress dan kecemasan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari bisul, uban, insomnia, hingga kelelahan yang berlebihan. Perbanyaklah olahraga dan beribadah untuk mengatasi stress.

Tempat Istirahat Tidak Kondusif

Istirahat yang tidak berkualitas juga bisa terjadi karena tempat istirahat atau kamar yang tidak kondusif, misalnya kamar berantakan dipenuhi pakaian, sepatu dan berkas-berkas kerja. Kamar tidur yang bersih dan nyaman akan membuat istirahat jadi lebih berkualitas.

Terlalu Banyak Makanan Olahan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan tinggi karbohidrat seperti burger, kentang goremg, pasta dan roti juga dapat membuat energi cepat habis. Ganti makanan cepat saji dengan buah, sayuran, gandum utuh dan protein ringan.

 

 

(Visited 156 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS