Jenis-Jenis Produk Kosmetik Ini Harus Dihindari Ibu Hamil

123 views Leave a comment
4 Cara Jitu Hindari Kemungkinan Operasi Cesar

Dailymoslem – Saat sedang mengandung, seorang perempuan bukan hanya menjaga kesehatan dirinya, namun juga kesehatan jabang bayi yang dikandungnya. Oleh karena itu, perlu untuk berhati-hati dalam memilih makanan maupun produk kosmetik yang dapat berpengaruh pada janin.

Berikut ini jenis-jenis produk kosmetik yang harus dihindari ibu hamil.

Perawatan Rambut Berbahan Kimiawi

Saat hamil, hindari perawatan rambut yang mengandung banyak bahan kimia seperti rebonding, pengeritingan atau pengecatan rambut yang dapat menyebabkan bahan kimia yang terkandung di dalamnya masuk ke dalam pori-pori kepala dan ke aliran darah, karena dapat menyebabkan risiko kelahiran janin dengan kondisi cacat.

Selain itu, penggunaan cream removers yang bahan kimianya cukup mudah diserap kulit juga perlu dihindari karena dapat membahayakan janin.

Obat Jerawat

Beberapa kandungan kimia dalam obat jerawat dapat mengganggu pertumbuhan janin, seperti kandungan retinol A dalam jerawat yang memiliki fungsi untuk mengelupaskan kulit mati, kandungan accutane dan juga kandungan hidrokortiskon dalam obat jerawat dapat menyebabkan perkembangan bayi menjadi terhambat jika digunakan dalam dosis yang tinggi. Sedangkan kandungan Benzoil Peroksida yang biasa terdapat dalam obat jerawat juga terbukti memiliki efek buruk pada janin setelah dilakukan uji coba pada hewan. Selain itu, kandungan bahan salicylic acid juga dapat menimbulkan komplikasi pada ibu hamil.

Perawatan Kulit

Bagi ibu hamil, sebaiknya menghindari penggunaan tabir surya karena memiliki kandungan bahan avobenzone dan oksibenzone yang dapat memengaruhi perkembangan janin. Sedangkan lotion atau pembersih kulit yang mengandung asam salisilat dalam dosis tinggi dapat menyebabkan bayi lahir cacat.

Ada juga kandungan parabens dalam perawatan kulit yang terbukti dapat mengganggu sistem reproduksi bayi laki-laki. Produk pemutih kulit yang mengandung bahan hydroquinone juga dapat memengaruhi enzim-enzim di dalam tubuh dan menahan bahan-bahan alami yang diperlukan oleh janin.

Manikur dan Pedikur

Produk cat kuku atau kutek memiliki kandungan bahan phathalates yang dapat menimbulkan masalah pada sistem reproduksi. Selain itu, bahan cat kuku dari basecoat, top coat dan aseton juga bisa memengaruhi kehamilan bahkan jika terhirup. Menurut penelitian, hal ini pernah terjadi pada pekerja salon yang sedang hamil dan mengalami gangguan kesehatan seperti bayi cacat atau meninggal karena terlalu sering menghirup bahan kutek tersebut.

(Visited 108 times, 1 visits today)