Jaga Kesehatan Gigi Saat Puasa dengan 5 Cara Ini

530 views
kesehatan gigi

Dailymoslem – Saat berpuasa, masalah kesehatan gigi menjadi salah satu masalah yang paling sering dihadapi. Pasalnya, saat puasa kita kekurangan asupan air seharian, sehingga masalah seperti bau mulut sering muncul saat puasa.

Nah, kesehatan gigi tetap terjaga selama puasa, coba lakukan hal-hal berikut ini.

Bersihkan Gigi Setelah Sahur

“Selesai sahur jangan langsung tidur. Sebelum memulai kegiatan bersihkan gigi dan berkumur sehingga tidak mengganggu nantinya seperti bau mulut saat kita beraktivitas,” kata pakar kesehatan gigi dan mulut Melanie Sadono, dilansir dari rona.metronews.com.

(Baca juga: Tips untuk Hindari Dehidrasi dan Kulit Kering Saat Puasa)

Hindari Tidur Setelah Sahur

Tidur setelah sahur juga bisa menyebabkan bau mulut di siang hari. Setelah makan, sistem pencernaan membutuhkan waktu 1-2 jam untuk bekerja. Jika kita langsung tidur, maka sistem pencernaan tidak akan bekerja dengan baik dan menyebabkan bau mulut.

“Makanan yang tidak dicerna dengan baik akan menghasilkan asam ke lambung, kemudian akan menimbulkan gas yang dikeluarkan lagi melalui mulut. Ini juga bisa menjadi penyebab munculnya bau mulut saat berpuasa,” ujar Prof Heriandi, yang pernah menjabat sebagai Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI), dilansir dari health.detik.com.

Gosok Gigi Sebelum Tidur dan Bangun Tidur

Gosok gigi tentu menjadi perawatan wajib untuk membersihkan gigi dari bakteri. Jangan lupa untuk menggosok gigi sebelum tidur agar tidak ada bakteri yang mengendap menjadi plak gigi, dan jangan lupa juga untuk menggosok gigi saat bangun tidur agar bakteri yang muncul saat kita tidur bisa bersih sebelum kita menyantap sahur.

Bersihkan Lidah

Masalah gigi dan mulut juga bisa datang dari bakteri yang mengendap di lidah. Saat menggosok gigi, bersihkan juga lidah dengan alat khusus pembersih lidah yang banyak dijual di pasaran.

Hindari Kafein dan Minuman Berkarbonasi

Terakhir, makanan yang kita konsumsi juga bisa berpengaruh pada kesehatan gigi. Saat berpuasa, usahakan untuk menghindari minuman berkafein dan berkarbonasi yang bisa membuat gigi kuning. Selain itu, mengonsumsi kafein saat sahur juga bisa memancing kita untuk lebih sering buang air dan akan membuat kita cepat haus saat puasa.

(Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Tidak Cepat Lemas)

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu coba di rumah untuk menjaga kesehatan gigi saat berpuasa.

Selamat menunaikan ibadah puasa!

(Visited 632 times, 1 visits today)