Inilah Ketentuan Mencukur Bulu Kemaluan

96 views Leave a comment
Inilah Ketentuan Mencukur Bulu Kemaluan

Dailymoslem– Seperti yang kita ketahui bahwa Islam merupakan agama yang sangat memeperhatikan kebersihan. Bahkan bersih dan suci merupakan salah satu syarat agar ibadah yang dilakukan Muslim dapat diterima oleh Allah¬†Subhanahu wa Ta’ala. Seluruh kesucian pakaian, alat ibadah, tubuh, hingga bulu kemaluan pun harus diperhatikan.

Memang, bulu kemaluan bukanlah salah satu anggota tubuh yang harus dibasuh saat wudhu. Namun Rasulullah sendiri pernah memberikan peraturan mengenai mencukur bulu kemaluan tersebut. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Diantara fitrah adalah mencukur bulu kemaluan, mencukur kuku dan memendekkan kumis.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

Hadits dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anha, Beliau mengatakan:

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memberikan batasan waktu kepada kami untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabuti rambut ketiak, dan mencukur rambut kemaluan, agar tidak dibiarkan lebih dari empat puluh hari.” (HR. Muslim, Abu Daud dan An-Nasa’i)

Dalam hal ini Imam Syaukani dalam kitab Nailul Authar menjelaskan:

Batas waktu maksimal adalah empat puluh hari sebagimana yang telah ditentukan oleh Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, maka tidak diperbolehkan bagi seorang muslim untuk tidak memotongnya melebihi empat puluh hari, Dan jika dalam rentang sebelum 40 hari, Anda berniat memotongnya maka hal ini diperbolehkan dan tidaklah menyalahi sunnah.”

Hal ini, bukan hanya berguna untuk menjaga kebersihan namun juga menjaga kesehatan sekitar organ vital

Baca juga:

Hati-Hati Potongan Rambut Ini Di Larang Rasulullah

Rasulullah Bersabda Bahwa Orang Miskin Masuk Surga Lebih Cepat 500 Tahun

Manusia Paling Lemah Menurut Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam

 

(Visited 225 times, 1 visits today)