Ini Kewajiban Suami Selama Istri Mengandung

549 views Leave a comment
Ini Kewajiban Suami pada Ibu Hamil

Dailymoslem – Selama sembilan bulan masa kehamilan, seorang perempuan mengalami masa-masa penting yang tidak boleh diabaikan. Mulai dari kesehatan raga hingga kesehatan jiwanya harus dijaga karena akan berpengaruh juga pada kesehatan dan psikologis anak.

Seorang suami adalah orang yang paling berpengaruh dalam kehamilan, dialah yang setiap hari menghabiskan waktu bersama istri. Maka, perlakuan suami terhadap istri menjadi yang paling utama yang dapat mempengaruhi psikologis seorang ibu hamil.

Bagi para suami, inilah beberapa kewajiban suami yang harus dilakukan selama istri mengandung.

Berikan Rasa Tentram dan Aman

Kondisi kejiwaan seorang ibu hamil dapat berpengaruh banyak pada janin yang dikandungnya, bahkan dapat menyebabkan keguguran dan lemahnya janin. Jangna biarkan istri memikirkan suatu masalah hingga berlarut-larut, berikan perasaan tentram dan aman dengan perhatian atau sentuhan.

Hindari Pekerjaan Berat

Jika selama ini mungkin istri lebih banyak mengerjakan pekerjaan rumah, ini saatnya suami mengerti agar istri mengurangi pekerjaan berat sehari-hari. Biarkan istri lebih banyak beristirahat, kecuali untuk pekerjaan seperti mengepel lantai dengan posisi menungging yang dipercaya bisa mempermudah proses kelahiran.

Beri Asupan Makanan Sehat

Perhatikan asupan makanan istri selama mengandung. Pastikan istri selalu mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi agar kebutuhan nutrisinya selalu terpenuhi. Hindari terlalu banyak makanan berlemak dan tidak bergizi.

Menuruti Keinginan Istri Saat Mengidam

Ada mitos yang mengatakan bahwa bayi akan ngences jika ibu hamil yang sedang ngidam tidak dituruti keinginannya. Hal ini sebenarnya akan berpengaruh pada kondisi psikis ibu. Ibu hamil biasanya sensitif secara emosional dan nafsu makannya meningkat. Jika keinginannya tidak dipenuhi, ibu hamil akan merasa tidak diperhatikan, pada akhirnya ia akan merasa galau dan berpengaruh pada kondisi psikisnya.

Ajak Jalan-Jalan Santai

Pada masa kehamilan, ada banyak saraf dan juga sendi-sendi yang tegang. Oleh karena itu, jalan-jalan santai bisa menjadi aktivitas yang sangat diperlukan oleh ibu hamil. Jika ada waktu, ajak istri untuk jalan-jalan santai di sekitar rumah pada pagi dan sore hari.

Hindarkan Dari Asap Rokok

Jika suami adalah perokok, mulailah hentikan sekarang juga karena rokok akan berpengaruh buruk terhadap kehamilan. Sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa ibu hamil yang terus-terusan menghisap rokok atau yang merokok secara aktif menunjukkan perkembangan janin yang lebih lambat daripada perkembangan janin pada umumnya.

Menyiapkan Sarapan untuk Istri

Jika biasanya istri yang menyiapkan sarapan, saat hamil mulailah membiasakan diri untuk menyiapkan sarapan untuk istri. Ibu hamil biasanya mengalami morning sickness atau gejala pusing dan demam di pagi hari. Di usia kandungan yang semakin tua, ibu hamil juga membutuhkan banyak istirahat.

Menghindari Pertengkaran

Saat istri sedang mengandung, mengertilah untuk mengurangi pertengkaran sebisa mungkin, karena pertengkaran yang meninggalkan kesedihan atau kegalauan di hati istri akan berpengaruh pada kondisi psikis istri.

Nah, itulah beberapa kewajiban yang harus dipenuhi suami saat istri mengandung, agar istri dapat melahirkan anak yang sehat lahir maupun bathin. Meski kecil dan remeh, hal-hal di atas sebenarnya bisa berpengaruh besar terhadap kehamilan, proses kelahiran dan juga kesehatan istri dan anak setelah lahir.

(Visited 2,017 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS