Ini Dia, 3 Jenis Makanan yang Dapat Redakan Batuk dan Flu Pada Anak

101 views Leave a comment
makanan redakan batuk pilek anak

Dailymoslem – Batuk dan pilek merupakan penyakit yang rentan menyerang anak di musim hujan seperti sekarang ini. Saat anak mulai mengalami batuk dan pilek, Bunda bisa memberi si kecil beberapa makanan untuk melengkapi nutrisinya dan memerangi virus batuk dan flu.

Dilansir dari Parenting Indonesia, berikut ini 3 jenis Makanan yang dapat meredakan batuk dan pilek si kecil.

Ikan

Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, terutama pada ikan laut seperti salmon, tunda dan makarel. Ikan-ikan tersebut memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan imunitas dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Selain itu, makanan yang kaya akan asam lemak esensial ini juga dapat meningkatkan sel darah putih dan menghancurkan bakteri yang berbahaya dalam tubuh. Tak hanya itu, nutrisi dalam ikan juga dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan karena reaksi berlebih terhadap infeksi.

Buah dan Sayur

Buah dan sayur memiliki kandungan zat gizi yang tinggi seperti vitamin C dan bioflavanoid yang baik untuk daya tahan tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang memiliki fungsi utnuk mencegah infeksi dan sebagai antibodi. Sedangkan bioflavanoid memiliki peran untuk mengatur pertumbuhan dan kematian sel.

Telur

Makanan kaya protein ini juga mengandung iodine dan vitamin B6 yang bekerja dengan mendukung sel B dan sel T, yaitu sel-sel yang fungsinya membantu memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, telur juga memiliki kandungan vitamin E yang dapat meningkatkan konsentrasi sel T.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa Bunda berikan pada si kecil untuk meredakan flu dan batuk yang menyerang. Tidak perlu terburu-buru memberikan obat yang memiliki kandungan bahan kimia pada si kecil, karena virus flu dan batuk yang masih ringan akan mudah disembuhkan dengan makanan  yang memiliki kandungan nutrisi lengkap. Selain itu, obat dari bahan alami seperti makanan sehat maupun tanaman obat juga lebih minim risiko untuk si kecil karena tidak memiliki kandungan bahan kimia yang berefek samping.

Semoga bermanfaat!

(Visited 201 times, 1 visits today)