Ingin Rambut Sehat Berkilau? Hindari Stress!

85 views Leave a comment
Ingin Rambut Sehat Berkilau? Hindari Stress!

Dailymoslem – Salah satu masalah rambut yang bisa mempengaruhi pengampilan adalah rambut kusam dan beruban di usia yang masih muda. Otomatis wajah juga jadi terlihat semakin tua jika di usia muda kita sudah beruban.

Menurut Dr. Tyler Cymet, the American Association of Colleges of Osteopathic Medicine’s chief of clinical education, rambut abu-abu atau uban biasanya terjadi pada orang berusia 45 atau 50 tahun, dilansir dari female.kompas.com. Namun, beberapa faktor bisa menyebabkan orang sudah beruban sebelum usia tersebut.

Salah satu penyebabnya adalah faktor genetik, yaitu orang dari etnis Kaukasia biasanya lebih cepat beruban akrena kulit kepalanya berhenti memproduksi pigmen di usia 35 tahun. Sedangkan orang Afrika dan Amerika cenderung mengalami penghentian produksi pigmen dalam waktu yang lebih lama.

Penyebab lainnnya, stress.

Dr. Cymet membenarkan bahwa stress bisa menjadi salah satu penyebab rambut beruban sebelum waktunya adalah karena stress. Menurutnya, stress dapat memperpendek siklus rambut, yang berarti produksi pigmen di kulit kepala juga berhenti karena berhentinya siklus rambut. Selain itu, tingkat stress yang tinggi juga dapat mempengaruhi sistem imun tubuh yang memicu produksi pigmen.

“Anda dapat melihat orang muda dengan rambut bercak putih atau abu-abu, ini karena peradangan yang terjadi mematikan melanosit (sel produsen pigmen di kulit kepala),” ujar Dr. Adam Frieman.

(Visited 74 times, 1 visits today)