Ingin Hindari Kanker? Makanan Berikut Ini Wajib Dikonsumsi

3210 views Leave a comment
Ingin Hindari Kanker? Makanan Berikut Ini Wajib Dikonsumsi

Dailymoslem – Tidak ada satu makanan ajaib yang bisa melawan kanker. Namun kombinasi yang tepat dari beberapa makanan bisa memberikan efek yang bermakna. Pada saat makan usahakan untuk mengisi 2/3 piring dengan sayur dan buah-buahan, dan membatasi protein hewani sebanyak sepertiga piring saja. Prinsip makan seperti ini penting untuk menghambat kanker menurut American Institute for Cancer Research. Berikut ini adalah beberapa makanan penting lainnya yang bisa membantu kita mencegah kanker:

Tomat

Sejumlah studi telah menemukan bagaimana tomat, baik itu karena kandungan lycopenenya, ataupun kandungan pigmen berwarna merah dapat menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker, termasuk diantaranya adalah kanker prostat. Penelitian juga menemukan bahwa tomat yang sudah diproses, misalnya jus, saus, atau pasta juga masih memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mencegah kanker.

Anggur

Anggur mengandung zat aktif yang disebut sebagai resveratol. Resveratol memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang penting. Pada penelitian di laboratorium, zat ini ditemukan dapat mencegah kerusakan yang dapat memicu terjadinya kanker pada sel. Namun pada saat ini belum ditemukan cukup bukti bahwa mengkonsumsi anggur dapat mencegah atau mengobati kanker.

Teh Hijau

Meskipun bukti penelitian maish menunjukkan hasil yang berbeda-beda, teh bisa jadi adalah salah satu jenis zat yang bisa melawan kanker. Menurut penelitian yang dikerjakan di laboratorium, diketahui bahwa teh hijau dapat menghambat perkembangan sel kanker kolon, hati, payudara, dan prostat. Efek yang sama juga ditemukan pada jaringan paru dan kulit. Pada studi jangka panjang, diketahui bahwa teh berhubungan dengan risiko yang lebih kecil untuk terkena kanker kandung kemih dan pankreas.

Kunyit

Kunyit merupakan bumbu dapur yang banyak digunakan pada masakan tradisional sehari-hari, misalnya saja soto atau pepes. Penelitian di laboratorium menemukan bagaimana ia bisa mencegah transformasi, proliiferasi dan invasi dari sel kanker pada berbagai jenis sel kanker.

Stroberi dan Arbei

Strober dan raspberi/arbei memiliki kandungan fitokemikal yang disebut dengan asam ellagic. Ia merupakan antioksidan yang kuat dan dapat melawan kanker dengan beberapa cara sekaligus. Termasuk diantaranya adalah me-nonaktifkan beberapa substanis pemicu kanker dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik bagi tubuh, tidak heran ia juga bisa melawan kanker. Kacang-kacangan mengandung sejumlah fitokemikal yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan yang bisa menyebabkan kanker. Pada percobaan di laboratorium, zat aktif yang dimiliki oleh kacang dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor dan mencegah tumor untuk mengeluarkan zat yang dapat membahayakan sel disekitarnya.

Kol dan keluarganya

Kol dan keluarganya, yang sering disebut golongan cruciferous seperti brokoli, kembang kol, pakchoy, dan kale ternyata memiliki kandungan fitokemikal yang bisa membantu melawan kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker serviks.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti selada, bayam, kale banyak mengandung serat, folat, dan karotenoid. Sumber zat gizi ini dapat membantu menghindari kanker mulut, laring, pankreas, paru-paru, kulit dan usus besar.

Buah dan Sayur Berwarna Cerah

Buah dan sayur memiliki banyak kandungan gizi yang bisa melawan kanker. Semakin berwarna buah dan sayur tersebut berwarna, semakin banyak kandungan gizi yang dimilikinya. Selain mencegah kanker, banyak makan sayur dan buah juga akan membantu kita menjaga berat badan. Memliki berat badan berlebih, bahkan obese sendiri merupakan faktor risiko kanker usus besar, esofagus, dan ginjal. Makanlah sayur dan buah yang berwarna, terutama yang berwarna hijau tua, merah, dan orannye.

Makanan Kaya Folat

Folat merupakan sumber vitamin yang penting untuk melindungi diri dari kanker usus besar, rektum dan payudara. Banyak makanan yang beredar sekarang sudah di fortifikasi dengan folat, sebut saja roti tawar, sereal dan makanan berbahan dasar gandum lainnya. Asparagus, biji bunga matahari, kacang-kacangan, bayam, selada, telur dan asparagus merupakan jenis makanan lain yang mengandung folat. Buah yang kaya mengandung folat antara lain adalah jeruk, melon dan stroberi.

Air putih

Air putih bukannya hanya akan menghilangkan dahaga, namun juga bisa melindungi seseorang dari kanker kandung kemih. Risiko berkurang karena air yang cukup akan melarutkan zat yang menjadi penyebab kanker. Selain itu, meminum banyak air akan menyebabkan seseorang lebih sering buang air sehingga memperpendek waktu kontak antara zat yang berbahaya dengan sel permukaan pada kandung kemih.

 

Baca juga:

Wah Ternyata Jus Wortel Bisa Bantu Sembuhkan Kanker Stadium 4

Radiasi Ponsel Menyebabkan Kanker Otak Ternyata Hanya Mitos, Benarkah?

(Visited 1 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]
RELATED ITEMS