Hindari Obesitas Pada Anak dengan 5 Cara Ini

802 views

Dailymoslem – Hampir setiap orangtua menginginkan anak yang gemuk karena dianggap lucu dan menggemaskan. Namun, apa jadinya jika anak ternyata menjadi terlalu gemuk? Alih-alih lucu, hal ini malah akan berakibat buruk bagi kesehatan si kecil. Bisa jadi si kecil mengalami obesitas dini yang membahayakan kesehatannya. Agar si kecil tidak menderita obesitas, terapkan 4 cara di bawah ini.

Berktivitas Fisik

Kegemukan bisa terjadi karena makanan yang masuk ke tubuh tidak diolah dan malah menumpuk menjadi lemak. Hal semacam ini banyak terjadi pada anak-anak masa kini, terutama mereka yang banyak menghabiskan waktu dengan main game di gadget dan komputer. Ajak anak anda jalan-jalan ke taman untuk bermain dengan melakukan berbagai aktivitas fisik yang membakar lemak.

Beri Buah dan Sayur Sejak Dini

Kebanyakan anak tidak suka makan buah dan sayur karena lidah mereka tidak terbiasa dengan rasa buah dan sayur. Maka, biasakan anak anda untuk mengonsumsi buah dan sayur bahkan sejak bayi agar mereka terbiasa. Meski sekarang ini banyak ekstrak buah dan sayur yang bisa anda beli di supermarket, buah dan sayur yang alami akan jauh lebih sehat.

Sarapan dan Bawa Bekal

Untuk menghindari si kecil jajan sembarangan, pastikan dia sarapan sesuatu yang mengenyangkan dan memberinya bekal. Siapkan bekal yang unik dan disukainya agar anak lebih tertarik untuk makan bekal daripada jajan sembarangan di sekolah.

Minum Air Putih yang Cukup

Agar si kecil tetap bisa beraktivitas, jangan lupa untuk memastikan dia minum air yang cukup setiap hari. Kurang minum air putih juga bisa menyebabkan menurunnya konsentrasi, mudah lupa dan mudah lelah yang menyebabkan menurunnya aktivitas fisik.

Berikut kebutuhan air putih berdasarkan usia anak.

– Usia 1-3 tahun =1,1 liter/ hariĀ  atau 4 gelas air.

– Usia 4-6 tahun = 1,4 liter/hari atau 6 gelas air.

– Usia 7-9 tahun = 1,6 liter/hari atau 6 gelas air.

– Anak laki-laki (10-12 tahun) = 1,8 liter/hari atau 7 gelas air.

– Anak perempuan (10- 12 tahun) = 1,9 liter/hari atau 8 gelas air.

Batasi Konsumsi Junkfood

Obesitas juga biasanya terjadi karena anak terlalu banyak mengonsumsi junkfood. Stop memanjakan anak untuk memberi mereka junkfood setiap mereka ingin. Mulai terapkan kedisiplinan dengan memberi jatah sesekali saja. Misalnya seminggu sekali dengan jumlah yang juga terbatas.

(Visited 324 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]