Hindari 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kualitas Tidur Berikut Ini

86 views Leave a comment
Hindari 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kualitas Tidur Berikut Ini

Dailymoslem – Tidur yang berkualitas dapat memengaruhi kesegaran tubuh untuk menghadapi berbagai kegiatan sehari-hari. Kualitas tidur yang terganggu juga bisa disebabkan karena hal-hal yang kita lakukan sehari-hari. Apa sajakah hal itu? Berikut ini 5 kebiasaan yang dapat merusak kualitas tidur.

Nonton TV

Meski di waktu prime time biasanya banyak acara TV yang menarik, sebaiknya hindari menonton TV di waktu-waktu sebelum tidur seperti waktu setelah isya. Menonton TV sebelum tidur dapat menyebabkan perhatian mernjadi teralih, Anda menjadi tidak rileks dan pada akhirnya menjadi susah tidur atau tidur tidak nyenyak.

Selain menonton TV, hindari juga menatap layar gadget terlalu lama sebelum tidur karena cahaya dari layar gadget dapat mengganggu jam biologis Anda. Hindarkan mata Anda dari layar gadget dan TV setidaknya setengah jam sebelum tidur.

Olahraga Terlalu Malam

Bagi mereka yang memiliki aktivitas yang padat seharian, mungkin malam hari sepulang kerja adalah waktu yang tepat untuk berolahraga atau nge-gym. Namun, berolahraga terlalu malam justru dapat membuat Anda semakin berenergi dan pada akhirnya susah tidur.

Banyak Pikiran

Terlalu banyaknya hal yang dipikirkan menyebabkan otak menjadi terlalu aktif dan tidak bisa rileks. Hasilnya, kita jadi tidak bisa tidur meski sudah berusaha memejamkan mata. Cobalah untuk lebih rileks sebelum tidur. Minum susu hangat atau pisang untuk memudahkan tidur. Perhatikan juga kenyamanan tempat istirahat, matikan lampu dan gunakan aromaterapi jika diperlukan agar Anda semakin rileks.

Makan Berat

Makan malam terlalu banyak juga bisa menyebabkan Anda menjadi susah tidur. Sama seperti rasa lapar, rasa kenyang berlebihan juga dapat mengganggu kualitas tidur. Itulah kenapa sebaiknya mengonsumsi makanan yang lebih ringan seperti buah untuk makan malam. Selain itu, Rasulullah juga selalu mengajarkan kita untuk tidak makna sampai kekenyangan

Rasulullah bersabda:

“Tidak ada bejana yang diisi anak Adam lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam untuk menegakkan tulang punggungnya. Sepertiga perutnya untuk makanannya, sepertiga untuk minumanya dan sepertiga lagi untuk nafasnya.” (HR. Tirmidzi).

Minuman Berkafein

Jika Anda suka minum kopi dan sering susah tidur, sebaiknya hindari minum kopi setelah jam 2 siang, karena dapat menyebabkan susah tidur di malam hari. Anda bisa mengonsumsi kopi di pagi hari untuk menjaga kesegaran sepanjang hari.

Semoga bermanfaat!

(Visited 89 times, 1 visits today)