Hati-Hati Talenan Bisa Akibatkan Penyakit

88 views Leave a comment
Hati-Hati Talenan Bisa Akibatkan Penyakit

Dailymoslem – Salah satu alat yang harus ada di dapur setiap rumah adalah talenan. Ya, benda yang menjadi alas untuk memotong ini menjadi penting ketika seseorang akan memasak dengan bahan-bahan yang dipersiapkan sendiri.

Sayangnya, talenan ini juga seringkali dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Sehingga bisa ditinggali oleh mikroba dan jamur yang dapat mempengaruhi kesehatan. Untuk mengatasinya, sebaiknya beberapa poin berikut ini dapat dipraktikan di rumah.

Membedakan talenan sayur dan daging

Tidak dapat dipungkiri, kebanyakan rumah hanya memiliki satu buah talenan saja. Padahal, dengan talenan yang sudah digunakan untuk memotong daging dapat terpapar salmonela. Jika kita memotong sayuran diatas talenan yang sudah dihuni oleh salmonela maka kemungkinan besar akan ikut tercemar.

Sebaiknya gunakan talenan berukuran besar

Kadang, ukuran talenan tidak sesuai dengan jumlah bahan makanan yang akan diolah sehingga bahan-bahan tersebut tercecar kemana-mana. Sebaiknya gunakan talenan berukuran besar atau sisihkan langsung bahan makanan yang sudah dipotong ke wadah lain, sehingga kita bisa bebas memotong bahan yang lain.

Bersihkan talenan secara seksama

Talenan yang sering digunakan lama kelamaan akan memiliki bekas sayatan pisau yang menjorok kedalam. Meski terlihat kecil namun bekas sayatan tersebut bisa dihuni oleh jamur atau bakteri yang nantinya bisa menyebar ke makanan. Oleh karena itu, sebaiknya cuci dan gosok talenan setelah digunakan. Jangan biarkan ada jamur yang mendiami talenan.

Nah, 3 poin diatas merupakan tips yang bisa kita terapkan di rumah. Dengan menerapkannya diharapkan kebersihan makanan yang kita buat akan lebih terjaga.

Baca juga:

Wah, Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak Ternyata Berbahaya!

Waspada, 90 Persen Daging Ayam Di Sawalayan Tak Kantongi Sertifikat Halal

Ternyata Ada Ribuan Bakteri dan Jamur di Debu Rumah Kita

 

(Visited 73 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS