Hati-Hati, Sembarangan Melakukan Perawatan Kuku Di Salon Bisa Sebabkan Infeksi Mengerikan

99 views Leave a comment
Hati-Hati, Sembarangan Melakukan Perawatan Kuku Di Salon Bisa Sebabkan Infeksi Mengerikan

Dailymoslem – Kuku merupakan salah satu elemen yang penting untuk penampilan. Oleh karena itu, tak jarang para wanita yang melakukan berbagai perawatan kuku seperti manicure dan pedicure di salon.

Namun jangan salah, melakukan perawatan di salon bukan berarti kuku kita aman, apalagi penggunaan alat pembersih kuku yang sembarangan bisa menyababkan infeksi mengerikan. Hal ini dialami oleh Molly Dannenmaier, se0rang wanita asal Texas yang mengalami infeksi mengerikan di kuku kakinya setelah melakukan perawatan manicure dan pedicure, dilansir dari laman US News, Senin (7/12).

Molly bahkan harus menjalani operasi untuk mengangkat infeksi pada kuku kakinya tersebut, dokter juga mengatakan bahwa kemungkinan besar kuku kakinya tidak dapat tumbuh kembali. Jika dilakukan di salon, hal ini bisa jadi karena peralatan manicure dan pedicure yang digunakan tidak dibersihkan sampai benar-benar bersih setelah sebelumnya digunakan oleh pelanggan salon lain yang mungkin membawa jamur dari kuku kakinya.

Berikut ini 3 masalah yang mungkin timbul di kuku Anda dan kemungkinan penyebabnya.

Jamur Kuku

Untuk menghindari jamur kuku, pastikan air rendaman yang Anda gunakan untuk merendam kaki benar-benar bersih. Air rendaman kaki di salon biasanya ditempatkan di sebuah bak yang menyatu dengan kursi. Kita tidak tahu apakah air itu diganti setiap pergantian pelanggan atau tidak. Selain itu, jamur juga bisa datang dari peralatan membersihkan kuku yang mungkin tidak dibersihkan dengan benar-benar bersih setelah digunakan oleh pelanggan sebelumnya.

Kanker Kulit akibat Sinar UV

Setelah kuku dicat menggunakan kutek atau pewarna kuku di salon, biasanya kutek akan dikeringkan dengan menggunakan suatu alat pengering yang memancarkan sinar UV seperti matahari. Sinar UV ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit hingga risiko kanker kulit. Sinar UV ini juga dapat menyebabkan pigmentasi pada kulit, membuatnya menipis dan mengubah struktur yang normal.

Gangguang Pernapasan

Perawatan kuku juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan jika kita menggunakan aseton, yaitu bahan kimia yang digunakan untuk menghapus kutek pada kuku. Aseton mengandung bahan beracun seperti tokuena, formalin dan dibutil ftalat yang berisiko besar terhadap komplikasi kesehatan, terutama mereka yang menderita asthma atau alergi pernapasan.

Lebih baik melakukan perawatan sendiri di rumah agar kita bisa memastikan sendiri bahwa semua yang kita gunakan untuk merawat kuku bersih dan aman digunakan.

(Visited 125 times, 1 visits today)