Hati-Hati Penyakit Hepatitis Tak Bergejala!

134 views Leave a comment

Dailymoslem – Hepatitis merupakan penyakit peradangan hati yang bisa disebabkan salah satnya oleh virus. Jika terinfeksi virus hepatitis B dan C, bisa berkembang menjadi penyakit sirosis hati hingga kanker hati. Sayangnya, banyak pasien tak sadar terkena virus hepatitis.

“Sebanyak 95 persen orang dengan hepatitis enggak tahu kalau sakit karena kurangnya kesadaran,” ujar Komite Ahli Hepatitis Kementerian Kesehatan Prof. Dr. dr. David Handojo Muljono SpPD, FINASIM, Phd di Jakarta, Selasa (9/8/2016).

David mengatakan, orang yang terkena virus hepatitis umumnya memang tidak merasakan gejala apa-apa. Virus akan tetap berada dalam tubuh dan setelah puluhan tahun akan merusak hati.

Dulu, penularan virus hepatitis kebanyakan melalui tranfusi darah. Namun, kini sebagaian besar penularan berasal dari ibu ke anak atau disebut penularan vertikal.

Dokter spesialis anak Hanifah Oswari menambahkan, kasus penularan virus hepatitis B dari ibu hamil ke anaknya juga banyak tak disadari. Seorang ibu yang positif hepatitis B, 95 persen akan menularkan ke bayinya saat melahirkan. Sedangkan , 5 persen bayi tertular saat dalam kandungan.

Meski sudah terinfeksi hepatitis, namun bayi bisa terlihat sehat saja. Pada 10-20 tahun pertama, virus akan menyebabkan peradangan minimal. Kemudian ada 20-40 tahun mulai menjadi kronis aktif dengan peradangan.

Pada kedua kelompok tersebut biasanya tidak akan memunculkan maslah kesehatan yang dirasakan pasien, seperti dikutip dari health.kompas.com. Setelah 40-60 tahun kemudian barulah terasa masalah serius karena sudah terjadi sirosis maupun kanker hati.

“Hepatitis B ada di sekitar kita tanpa kita sadari. Pada anak-anak juga hampir tidak ada gejala. Gejalanya enggak khas,” kata Hanifah.

Ia mengungkapkan, semakin dini seseorang terkena virus hepatitis B, semakin besar kemungkinannya untuk menjadi siross maupaun kanker hati.

(Visited 1 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS