Hati-Hati, Asupan Daging Yang Kurang Saat Hamil Memperbesar Risiko Bayi Lahir Prematur

2059 views Leave a comment
Hati-Hati, Asupan Daging Yang Kurang Saat Hamil Memperbesar Risiko Bayi Lahir Prematur

Dailymoslem – Saat mengandung jabang bayi, Ibu pasti di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang penuh gizi. Bukan hanya sayur dan buah, namun juga makanan lain yang mengandung nutrisi penting untuk tumbuh kembang bayi, yaitu asupan daging merah dan putih.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Norwegian University of Science and Technology menemukan bahwa, ibu hamil yang tidak mengkonsumsi asupan daging memiliki risiko yang tinggi untuk melahirkan dalam kondisi yang prematur. Hal ini dikarenakan ibu yang menghindari daging tidak memiliki vitamin B12 yang cukup untuk nutrisi bayi.

Para peneliti mengatakan bahwa kekurangan vitamin B12 ini meningkatkan peluang kelahiran bayi prematur sebesar 21 persen. Vitamin ini berperan penting bagi fungsi vital tubuh, termasuk memproduksi sel-sel darah merah dan pencernaan makanan. Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan anemia dan kerusakan pada sistem saraf bila dibiarkan dalam waktu lama, dan yang tak kalah penting, kekurangan vitamin ini juga dapat memicu komplikasi selama kehamilan.

Dasar penelitian ini diambil dari proses pengamatan 11.216 ibu hamil di 11 negara. Para peneliti mengambil sampel dari negara yang tergolong berpendapatan tinggi, sedang hingga rendah. Dari pengamatan inilah diketahui bahwa negara yang cenderung memiliki tingkat konsumsi daging yang cukup tinggi seperti Norwegia, memiliki kasus kelahiran prematur yang sangat kecil. Sedangkan di negara di mana pola makan vegetarian lebih mendominasi seperti di India, persentase ibu hamil yang kekurangan vitamin B12 juga melebihi dua-pertiga.

Namun begitu, kelebihan asupan daging juga dapat memicu risiko lain pada bayi. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Universitas Colombia yang bekesimpulan bahwa kurang mengonsumsi sayur-mayur dan buah pada ibu hamil dapat memicu sejumlah risiko pada janin, salah satunya risiko Alzheimer bila si anak sudah beranjak dewasa.

Baca juga:

Agar Dapat Mencegah Dan Mengatasi Kelahiran Prematur, Hal Berikut Ini Harus Diketahui

Astagfirullah, Beberapa Produk Kosmetik Dapat Memicu Kelahiran Prematur

(Visited 1 times, 2 visits today)