Hati-hati, 7 Makanan Sehat Ini Ternyata Bisa Bahaya Jika Diperlakukan Salah

104 views Leave a comment
Hati-hati, 7 Makanan Sehat Ini Ternyata Bisa Bahaya Jika Diperlakukan Salah

Dailymoslem – Beberapa makanan yang biasa kita konsumsi setiap hari mulai dari rempah, sayuran, buah hingga daging-dagingan memang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, kita juga patut berhati-hati karena makanan-makanan tersebut bisa jadi bahaya jika diperlakukan salah.

Pala

Rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masak ini ternyata sebenarnya adalah zat halusinogen yang dapat memberikan efek halusinasi yang dapat mengubah perasaan, pikiran, dan seringkali menciptakan daya pandang yang berbeda sehingga menyebankan kenyamanan perasaan dapat terganggu. Jika dikonsumsi sebanyak 30gr atau 6 sendok makan per hari, pala dapat menjadi racun yang memproduksi disorientasi.

Kentang

Dalam daun, batang dan kecambah kentang ditemukan kandungan zat glycoalkaloids, yaitu zat beracun yang juga ditemukan pada bunga kecubung. Zat ini bisa juga terdapat pada kentang jika dibiarkan terlalu lama terkena sinar matahari. Zat ini bila masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan kram, diare, sakit kepala, bingung, bahkan hingga koma dan berujung kematian.

Madu Mentah

Madu memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Namun, madu mentah yang belum mengalami proses pasterurisasi, atau madu yang masih berbentuk sarang tawon, mengandung grayanotoxin yang dapat membaut kita merasa pusing, lemah, keringat berlebih dan muntah.

Tomat

Toman hijau mentah jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gejala perut tidak nyaman atau agitasi perut, karena batang dan daun tomat mengandung alkali yang dapat menyebabkan gejala ini.

Tuna

Kita mungkin pernah mendengar tentang zat merkuri berbahaya yang terkandung dalam kosmetik. Nah, zat ini juga ternyata terdapat di dalam tuna meski tidak dalam jumlah yang banyak. Itulah kenapa tuna tdak disarankan untuk anak-anak dan wanita hamil.

Singkong

Bagian daun dan akar singkong yang sering kita makan ternyata memiliki kandungan racun sianida. Namun, racun sianida ini dapat hilang jika singkong diolah dengan cara yang bersih dan benar. Pastikan singkong benar-benar bersih dari kulitnya sebelum memprosesnya menjadi makanan.

Kacang Mete

Kacang mete mentah yang kita temukan di toko bahan makanan biasanya tidak sepenuhnya mentah. Biasanya kacang mete tersebut dikukus terlebih dahulu untuk menghilangkan urushiol, yang juga ditemukan pada racun ivy. Zat kimia ini dapat menyebabkan gatal pada kulit, peradangan dan bahkan kulit terasa seperti terbakar. Zat ini terdapat pada kacang mete mentah.

(Visited 525 times, 6 visits today)



RELATED ITEMS