Dampak Kegemukan Pada Anak dan Cara Menghindarinya

80 views Leave a comment
Dampak Kegemukan Pada Anak dan Cara Menghindarinya

Dailymoslem – Hampir setiap orang pasti menyukai anak balita yang lucu dan gemuk dan pipi bergumpal. Seringkali juga, kegemukan anak menjadi penanda bahwa anak tidak kekurangan gizi. Padahal, kegemukan juga bisa berakibat buruk bagi pertumbuhan anak jika terus berlanjut hingga dewasa.

Kegemukan dapat menyebabkan berbagai penyakit bagi tubuh. Mulai dari hipertensi, diabetes, hingga penyakit jantung. Kita juga tidak bisa membiarkan anak gemuk sewaktu kecil dan memaksanya diet setelah dewasa. Sebaiknya membiasakan anak untuk makan secukupnya sejak kecil agar tidak membahayakan kesehatannya.

Bunda bisa memulainya bahkan sejak masih bayi, ketahuilah porsi makan bayi sesuai dengan kebutuhan perutnya. Biarkan bayi memutuskan sendiri untuk berhenti makan saat kenyang. Jika sudah kenyang, bayi biasanya menolak untuk disuapi lagi, atau bayi yang makan dengan metode BLW akan berhenti dengan sendirinya. Tak jarang ada Bunda yang mengharuskan bayi untuk menghabiskan satu mangkuk bubur yang telah dibuat dalam sekali makan, padahal bayi sudah kenyang dan tak ingin makan lagi.

Selain itu, para Bunda juga biasanya ingin menyalurkan rasa sayangnya pada anak dengan memberikan banyak makanan dan bahkan memaksa anak untuk makan banyak. Jika anak masih lapar, anak pasti akan menambah makanannya.

Agar anak belajar tanggung jawab, biarkan anak untuk mengambil porsinya sendiri saat usianya sudah lima tahun, dan pastikan anak menghabiskan porsi yang ia ambil. Dengan begitu, anak akan belajar mengenali porsi yang dibutuhkannya untuk makan dan tidak mengambil berlebihan.

(Visited 163 times, 1 visits today)