Cara Alami Mengatasi Sakit Punggung dan Kram Perut Saat Haid

230 views Leave a comment
Hati-Hati Nyeri Haid Terlalu Lama, Bisa Jadi Tanda Endrometriosis

Dailymoslem – Saat haid, perempuan mungkin merasakan sakit di beberapa bagian tubuh yang bisa mengganggu aktivitas. Mulai dari kram perut hingga pegal di bagian punggung dan kaki yang bisa membuat kita benar-benar seperti orang sakit yang tidak bisa beraktivitas. Padahal, tidak banyak orang yang bisa memaklumi sakit karena haid di tempat kerja atau mungkin di tempat aktivitas lain.

Untuk mengatasi rasa sakit itu secara alami, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

Minum Banyak Air

Banyak minum air terutama air hangat bisa mengatasi gejala menstruasi yang seringkali membuat kita tidak bisa beraktivitas. Selama haid, kita kehilangan banyak cairan karena darah yang keluar. Selain air putih, pengganti cairan tubuh juga bisa diapatkan dari buah dan sayuran segar.

Rileks dan Istirahat

Sakit punggung saat haid biasanya dirasakan saat sedang dalam posisi duduk. Jika saat sedang di tengah jam kerja merasakan sakit punggung karena haid, berhentilah sejenak untuk bersantai dan beristirahat. Bisa juga dengan memberikan pijatan ringan pada punggung atau mengolesi dengan penghangat yang bisa membuat punggung terasa nyaman.

Stretching

Olahraga dan peregangan yang bisa mengurangi ketegangan pada otot juga bisa menjadi obat pereda sakit haid yang alami. Maka dari itu, orang yang tidak berolahraga teratur cenderung lebih sering dan lebih sakit saat haid. Olahraga saat sedang haid juga disarankan untuk menghilangkan nyeri.

Konsumsi Kunyit

Bahan alami ini merupakan jamu paling mujarab untuk meredakan sakit punggung karena menstruasi. Campurkan kunyit dengan asam di hari pertama haid untuk menghilangkan nyeri. Kunyit yang memiliki kandungan anti inflamasi dapat mengurangi nyeri dan peradangan.

Itulah beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi sakit karena haid. Selamat mencoba!

 

 

(Visited 293 times, 1 visits today)