Bolekah Langsung Minum Es Saat Buka Puasa?

98 views Leave a comment
Bolekah Langsung Minum Es Saat Buka Puasa?

Dailymoslem – Minuman dingin lengkap dengan es memang paling segar dinikmati untuk buka puasa. Namun, ternyata tidak dianjurkan untuk meminum air es langsung setelah kita berpuasa selama 12 jam.

Menurut Rita Ramayulis, praktisi gizi klinis dan olahraga, minuman yang terlalu dingin dapat membuat kerja jantung menjadi lambat karena harus menyesuaikan dengan suhu tubuh. Selain itu, perut yang sudah berjam-jam tidak diisi makanan ataupun minuman saat sedang puasa juga akan kaget ketika menerima air es.

“Jangan terlalu dingin. Sebaiknya tidak pakai es batu. Jika terlalu dingin, akan lebih lama menyesuaikan dengan suhu tubuh,” kata Rita, seperti dilansir dari Sehatmagz.com.

Rita mengatakan, konsumsi es langsung saat buka puasa dapat menyebabkan perut terasa kembung atau penuh. Sebaiknya dahulukan minum air putih yang tidak dingin saat berbuka puasa. Setelah itu, baru boleh mengonsumsi minuman manis baik yang dingin maupun yang hangat.

Jika ingin membuat makanan dingin, sebaiknya tidak menggunakan es batu yang terlalu berlebihan namun tetap dingin dan segar. Membuat minuman segar sendiri dapat menjadi pilihan yang tepat agar minuman dapat sesuai keinginan kita. Makanan manis baik dikonsumsi saat buka puasa untuk mengembalikan gula darah yang rendah selama puasa. Namun, sebaiknya juga tidak dalam porsi yang berlebihan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh ahli gizi Grace Judio-Kahl. Menurut Grace, air putih yang tidak dingin dan buah-buahan merupakan menu yang paling cocok dikonsumsi setelah perut kosong selama belasan jam.

“Buah punya kandungan air yang tinggi. Buah-buahan yang manis juga bisa menaikkan kembali gula darah yang turun selama puasa,” kata Grace.

(Visited 88 times, 1 visits today)