Benarkah Minum Air Es Bisa Menyebabkan Perut Buncit?

837 views

Dailymoslem – Masalah perut buncit adalah masalah yang cukup mengganggu untuk perempuan maupun laki-laki. Konon, kegemukan yang hanya terjadi di bagian┬áperut alias perut buncit ini terjadi karena kita terlalu banyak minum air es. Padahal, minuman dingin adalah minuman favorit di negara tropis seperti Indonesia.

Beberapa pendapat mengatakan, saat kita minum air dingin, maka air tersebut akan membekukan lemak yang baru masuk ke tubuh dari makanan yang kita makan, sehingga menyebabkan perut buncit.

Benarkah?

Well, air dingin yang kita minum sebenarnya hanya dingin sampai di mulut saja, karena setelah masuk ke tenggorokan, suhu air sudah dinetralkan oleh tubuh. Hanya saja, setelah minum air dingin tubuh jadi kerja ekstra untuk menyamakan suhu tubuh dan suhu air yang masuk.

(Baca juga: Hati-Hati! Es Batu yang Anda Makan Mungkin Mengandung Ribuan E-Coli Pemicu Berbagai Penyakit)

Dilansir dari kompas.com, ahli penyakit dalam, R. Soetomo Slamet Imam Santoso mengatakan bahwa pada prinsipnya, orang akan lebih sehat jika memakan atau meminum sesuatu yang suhunya mendekati suhu tubuh, sehingga organ tubuh tidak perlu bekerja ekstra untuk menyesuaikan suhu dari makanan atau minuman yang masuk ke tubuh.

Pada saat kita mengonsumsi minuman bersuhu dingin sementara tubuh kita bersuhu panas, maka organ tubuh akan bekerja ekstra untuk menyesuaikan suhu makanan atau minuman tersebut dengan suhu tubuh, yang kemudian akan mengubah irama atau tata cara kerja organ-organ tubuh.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, jawabannya?

(Baca juga: Hati-Hati! Minum Es Teh Manis Sambil Makan Ternyata Berbahaya)

(Visited 473 times, 1 visits today)