Benarkah Harus Menghindari Mengonsumsi Lemak Jika Ingin Langsing?

220 views
makanan-berlemak

Dailymoslem – Kebanyakan dari kita menganggap bahwa kegemukan yang kita alami berasal dari lemak. Maka, banyak juga yang melakukan diet dengan cara menghindari minyak, misalnya dengan hanya mengonsumsi makanan rebusan dan menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak secara alami.

Pada kenyataannya, yang paling berkontribusi pada kegemukan bukanlah lemak, melainkan gula dan karbohidrat. Hal ini diutarakan oleh pelatih selebriti James Duigan yang melakukan penelitian tentang cara orang menurunkan berat badan.

Bukan Lemak, Tapi Gula dan Karbohidrat

Menurut penelitiannya yang diterbitkan dalam buku berjudul ‘Clean & Lean: Flat Tummy Fast,’ James menyebutkan bahwa kebanyakan orang tidak mengerti penyebab tubuhnya menjadi gemuk. Menurutnya, gula dan karbohidrat lebih banyak berpengaruh pada kegemukan ketimbang lemak. Lemak sendiri juga bisa menjadi salah satu penyebab kegemukan, namun kita juga harus menyadari bahwa tubuh kita juga masih memerlukan lemak.

(Baca juga: 10 Hal yang Harus Dilakukan Di Usia 30 Agar Hidup Lebih Baik Di Usia 50)

Ada dua jenis lemak yang ada dalam makanan, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh terdapat pada kacang-kacangan, ikan salmon, minyak zaitun, tuna, kedelai, alpukat dan selai kacang. Makanan ini justru memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan dibutuhkan tubuhmu.

Apalagi untuk alpukat, meski mengandung banyak lemak alpukat justru merupakan makanan yang cocok untuk program diet. Alpukat memiliki kandungan glukosa yang relative rendah yaitu 0,2 gram glukosa. Selain itu, alpukat juga bisa melancarkan pencernaan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

(Baca juga: Ini Alasan Kenapa Mengurangi Gula Bisa Menjadi Cara Diet yang Ampuh)

Lalu, bagaimana dengan lemak jenuh?

Lemak jenuh seringkali dijadikan kambing hitam kegemukan dan berbagai jenis penyakit. Menurut penelitian, tubuh kita juga sebenarnya masih membutuhkan lemak jenuh. Hanya saja konsumsinya harus dibatasi, yaitu sekitar 8 persen dari total asupan kalori atau sebanyak 2 sendok makan saja sehari.

Pada dasarnya, gula, karbohidrat dan juga lemak juga dibutuhkan oleh tubuh, hanya saja semua itu akan menyebabkan kegemukan jika kita mengonsumsinya dengan berlebihan. Lagipula, Allah tidak suka dengan segala sesuatu yang berlebihan.

(Visited 221 times, 1 visits today)