Bedong Ternyata Tak Baik Untuk Kesehatan Bayi?

388 views Leave a comment
Bedong Ternyata Tak Baik Untuk Kesehatan Bayi?

Dailymoslem – Kita pasti sudah terbiasa dengan budaya membedong bayi yang baru lahir. Biasanya, tidak lama setelah bayi lahir ke dunia sang bayi langsung dibungkus dengan kain hingga hanya bagian wajahnya saja yang terlihat. Hal ini dipercaya dapat membuat bayi nyaman karena ia mendapatkan kehangatan .

Selain itu, bedong juga dipercaya dapat membuat kaki bayi lebih lurus dikemudian hari. Hal ini dilakukan karena saat bayi lahir, kondisi kakinya tertekuk seperti kaki katak. Juga mempermudah saat ibu menyusui bayi, karena tangan dan kaki bayi tidak bergerak kemana-mana.

bedong bayiSayangnya, budaya ini ternyata dianggap kurang benar. Kaki bayi yang dipaksa untuk lurus akan berpengaruh buruk pada kondisi tulang panggul. Bukan itu saja, tangan dan kaki bayi yang sulit bergerak akan berpengaruh pada kemampuan motoriknya sehingga kelak ia akan lebih lambat daripada bayi yang tidak di bedong.

bedong bayi 2

Oleh karena itu sebaiknya saat membedong, bagian bawah bayi tidak diikat terlalu ketat. Namun pastikan, bagian atas bayi tidak terlalu longgar sehingga dapat berpotensi menutupi pernapasannya.

 

(Visited 180 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS