Beberapa Faktor Perut Buncit yang Jarang Diketahui

1604 views

Dailymoslem – Memiliki perut buncit bagi sebagian orang dilambangkan sebagai lambang kesejahteraam dan kemakmuran. Padahal dalam perut buncit tersebut terdapat banyak penyakit. Bahkan perut buncit menjadi pemicu dalam beberapa kasus kematian di usia yang masih muda.

Semua orang tahu, bahwa mendapatkan perut buncit jauh lebih mudah dibanding dengan perut langsing apalagi sixpack . Nah, untuk mengalahkan perut buncit yang bergelambir bisa jadi dimulai dari mengetahui apa saja faktor yang menjadi sumber dari perut buncit. Seperti dilansir dari duniafitens.com hal-hal berikut ini lah yang menjadi sumber masalahnya.

Lemak

Faktor yang satu ini memang paling jelas menjadi penyebab utama perut buncit dan semua kegendutan lainnya. Namun kebanyakan orang tidak mengetahui ada dua jenis lemak yang membuat perut terlihat kembung tersebut. Untuk mengetahuinya, coba tekan-tekan perut anda. Apakah keras atau lembek?

Perut buncit yang keras biasanya terdiri dari lemak visceral, yaitu lemak yang berada di antara otot dan organ. Sedangkan perut buncit yang lembek kebanyakan mengandung lemak yang disebut subcutaneous yaitu lemak yang berada di bawah kulit atau atas jaringan otot.

Anthony Spartaro, Ph. D dari New Mexico Depeartement of Health menerangkan bahwa perut buncit yang keras membuat orang menjadi rentan terkena penyakit kardiovaskuler dan penyakit dalam. Karena lemak ini jauh di dalam dan mendorong organ internal sekaligus mengganggu system pencernaan lainnya. Tapi lemak ini akan lebih mudah menghilang.

Nah, perut buncit ini mengindikasikan bahwa anda memiliki masalah dengan kolesterol dan berisiko terkena penyakit koroner.

Otot yang Lemah

lemak yang berada di bawah antara otot dan organ dalam akan menekan keluar sehingga secara perlahan otot abdominal menjadi lemah. Nah, karena terbiasa inilah otot menjadi kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan perut pada posisi aslinya. Sehingga dengan berjalannya waktu, otot tersebut akan terus meregang sehingga perut terus menonjol kedepan.

Namun tenang, otot perut sangatlah fleksibel. Dengan memberikannya latihan otot secara teratur dan makan makanan dalam porsi kecil namun sering akan menguatkan otot perut anda kembali kuat.

Hamstring yang Tegang

Hamstring adalah otot belakang paha. Bagaimana pengaruhnya terhadap perut buncit? Untuk membantu anda tetap tegak, otot punggung bagian bawah harus bekerja lebih keras. Nah, karena bekerja lebih keras, tekanan juga akan lebih tinggi sehingga membuat otot bawah punggung bawah menjadi cepat lelah. Ketika otot bagian tengah ikut melemah, maka tubuh pun akan gampang limbung dan mengakibatkan perut membuncit.

Untuk mencegah otot belakang paha tegang, luabgkan lah waktu untuk peregangan. Anda bisa melakukan peregangan dengan duduk dilantai, kedua kaki diluruskan dan pertahankan punggung anda tetap tegak. Kemudian perlahan condongkan tubuh kedepan hingga tangan bisa mencapai ujung kaki. Lakukan lima hingga delapan kali.

 

 

(Visited 855 times, 1 visits today)