Baju Ayah Perokok Bisa Sebabkan Radang Paru-Paru Bagi Anak

98 views Leave a comment
Baju Ayah Perokok Bisa Sebabkan Radang Paru-Paru Bagi Anak

Dailymoslem – Permasalahan asap rokok sepertinya merupakan masalah yang harus diselesaikan hingga akarnya, terutama bagi para orangtua yang memiliki balita atau batita yang harus benar-benar dilindungi dari asap rokok.

Kebanyakan orang mungkin menganggap merokok masih bisa aman asalkan tidak dilakukan di dekat anak. Namun, ternyata sisa asap rokok tersebut masih bisa terhisap, salah satunya adalah sisa asap rokok yang tersimpan di baju perokok.

Masalah yang ditimbulkan dari sisa asap rokok ini juga tak main-main, tak kalah bahaya dengan penyakit kesehatan yang disebabkan asap rokok secara langsung, bahkan bisa menyebabkan radang paru-paru akut bagi bayi.

Seperti ditulis oleh Tim Penulis Poltekkes Depker Jakarata I (2010), asap yang dihembuskan para perokok dapat dibagi menjadi atas asap utama (mainstream) dan asap sampingan (sidestream).

  1. Asap utama (mainstream) adalah asap tembakau yang dihirup langsung oleh perokok aktif (first hand smoker). Sebenarnya, seseorang yang merokok itu menghisap asap rokok yang ia bakar sendiri.
  2. Asap sampingan (sidestream) adalah asap tembakau yang disebarkan ke udara, yang dihirup oleh orang lain atau perokok pasif (second hand smoker). Asap sampingan memiliki konsentrasi lebih tinggi karena tidak melalui proses penyaringan yang cukup sehingga penghirup asap sampingan (perokok pasif) memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita gangguan kesehatan akibat rokok, apalagi jika dihirup oleh anak-anak.

Selain kedua jenis asap tersebut, ternyata masih ada jenis asap yang ketiga yaitu third hand smoker. Berdarkan penelitian yang dilakukan di Lawrence Berkeley National Laboratory, asap ini merupakan asap yang tidak terlihat oleh mata, melainkan menempel dan meninggalkan bahan kimia atau residu di baju, atap, sofa, gorden dan tempat lain bermaterial fabric. 

Asap third hand smoker ini juga tentu berbahaya bila terhirup, apalagi dalam residu ini terkandung sisa-sisa bahan kimia dalam rokok, atau ampas terburuk dari rokok itu sendiri.

(Visited 461 times, 1 visits today)