Bagaimana Gejala Kehamilan Di Luar Kandungan (Ektopik)

3364 views Leave a comment
Bagaimana Gejala Kehamilan Di Luar Kandungan (Ektopik)

Dailymoslem – Sedih sekali saat mengetahui kehamilan pertama seorang teman harus digugurkan karena janin tidak tumbuh pada tempatnya. Mendengarnya saja terasa sangat mengerikan, janin yang seharusnya tumbuh dan berkembang dalam rahim malah tumbuh di tempat yang tidak sesuai.

Dalam bidang kesehatan, hal ini dinamakan sebagai kehamilan ektopik atau kehamilan di luar kandungan. Seharusnya sel telur yang telah dibuahi bergerak dan menetap di rahim, namun dalam kehamilan ini janin menempel di tuba falopi (saluran antara ovarium dan rahim). Saluran ini tidak seperti rahim yang dapat membesar dan menjadi tempat terbaik untuk perkembangan janin, sehingga saat janin mulai membesar tuba falopi akan pecah dan menimbulkan pendarahan.

Kehamilan ini pada umumnya disebabkan oleh adanya inflamasi pada saluran tuba falopi. Selain itu Ibu yang mengalami diethylstiboestrol selama kehamilan atau pernah memiliki riwayat penyakit menular intimual seperti gonorrhea, klamidia dan PID juga memiliki risiko sangat besar.

Lalu kapan harus curiga ada masalah pada kehamilan?

Selain mual dan muntah yang memang menjadi hal biasa bagi ibu hamil, kehamilan ektopik biasanya ditandai dengan nyeri yang teramat sangat di bagian perut bawah hingga panggul. Saat harus buang air besar pun terasa sangat menyakitkan. Beberapa hal lain yang menjadi pertanda adalah kulit sang ibu terlihat lebih pucat, denyut nadi meningkat namun juga darah rendah.

Jika merasakan hal-hal diatas segera temui dokter. Pemberian obat suntik agar kondisi tuba falopi dalam keadaan utuh menadi salah satu tindakan yang bisa dilakukan jika kehamilan ektopik sejak dini. Jika tuba falopi telah membesar, maka tindakan operasi adalah pilihan terbaik.

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)