Atasi Flu Pada Anak Tanpa Obat

229 views Leave a comment
Cara Mengobati Flu Pada Anak Tanpa Obat

Dailymoslem – Di musim hujan seperti sekarang ini, penyakit flu merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita, terutama oleh anak-anak.

Flu juga penyakit yang sebenarnya bisa diatasi dengan makanan-makanan alami dan tanpaa obat kimia. Meski kerjanya tidak secepat obat kimia, namun obat alami pasti tidak akan memberikan efek samping dan juga lebih aman dikonsumsi.

Berikut ini beberapa langkah alami yang bisa Bunda coba untuk mengatasi flu tanpa obat kimia.

Konsumsi Protein

Penyakit flu berasal dari virus yang biasanya banyak menyerang di musim pancaroba seperti sekarang ini. Jika si kecil terserang flu, mulailah perbanyak makanan tinggi protein seperti daging sapi, ayam, ikan, susu dan telur. Bisa juga dicoba untuk menghindari virus flu.

Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Probiotik bisa didapatkan dari berbagai makanan seperti yoghurt dan kefir. Selain dapat mengatasi flu, bakteri ini juga dapat mengatasi berbagai penyakit infeksi pernafasan seperti batuk. Probiotik juga bisa didapatkan dari makanan yang memiliki kandungan lactobacillus.

Tidur

Terkadang, yang sebenarnya dibutuhkan adalah tidur dan istirahat yang cukup agar badan mendapat asupan energi. Selain itu, virus flu juga bisa menyerang karena seseorang kurang tidur. Jadi, jangan ragu untuk membiarkan si kecil tidak masuk sekolah sehari saja meski hanya untuk tidur seharian di rumah jika sedang flu.

Garam

Garam memiliki khasiat antiinflamasi untuk membantu melegakan pernapasan dan mengeluarkan lendir, juga meredakan batuk dan radang tenggorokan. Hal ini dibuktikan oleh studi yang dilakukan oleh International Journal of Pediatric Otorhinolatyngology. Bunda bisa menggunakan larutan garam fisiologis untuk diteteskan ke hidung terseumbat. Jenis garam ini bisa didapatkan di apotek atau toko obat terdekat.

Bisa juga dengan melarutkan setengah sampai satu sednok teh garam dalam setengah liter air hangat, kemudia teteskan ke hidung dengan bantuan pipet.

Madu

Makanan kesukaan Rasulullah satu ini memang memiliki banyak khasiat yang tak perlu diragukan lagi.untuk anak usia 1-5 tahun, berikan setengah sendok madu untuk mengatasi flu. Sedangkan untuk anak usia 6-11 tahun berikan 1 sendok dan 2 sendok untuk usia 12 tahun ke atas. Namun, madu tidak disarankan untuk bayi di bawah usia 1 tahun karena beresiko menyebabkan botulisme atau keracunan makanan.

Sup Ayam

Cairan hangat yang mengenyangkan dan memiliki banyak sumber energi seperti sup ayam memang cocok dikonsumsi untuk meredakan berbagai gejala flu seperti nyeri, lemas, hidung tersumbat dan demam.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa Bunda gunakan untuk meredakan flu pada si kecil. Semoga bermanfaat.

(Visited 316 times, 1 visits today)