Atasi Bibir Pecah-Pecah Saat Berpuasa Dengan Cara Mudah Berikut Ini

489 views
soraya larasati

Dailymoslem – Saat puasa, kita tidak diperbolehkan untuk makan dan minum selama hampir 14 jam. Jika bisanya kita minum saat kapanpun kita merasa haus, saat pusa kita tidak bisa melakukannya. Oleh karena itu, banyak orang yang mengalami bibir pecah-pecah saat puasa.

Bibir kering bahkan sampai pecah-pecah memang sangat mengganggu. Karena bibir dalam kondisi tersebut sangat rentan mengalami luka. Akibatnya, bibir menjadi berdarah dan menimbulkan rasa sakit yang menjengkelkan.

Bibir kering dan pecah-pecah itu bisa diakibatkan oleh cuaca panas, perubahan suhu, polusi udara, kurang nutrisi dan masih banyak lagi. Pada kulit, faktor tersebut mungkin masih bisa diatasi oleh kelenjar keringat dan lemak yang terdapat di bawah kulit. Namun, bibir tak memilikinya sehingga lebih renyang mengalami gangguan.

Untuk menjaga bibir tetap lembab dan terhindar dari pecah-pecah, yuk cooba beberapa tips yang diambil dari duniafitnes berikut ini:

  1. Minum 8 gelas air putih setiap hari untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kelembaban kulit dan bibir Anda. Akumulasikan jumlah air yang Anda minum pada saat sahur dan berbuka.
  2. Oleskan pelembab bibir atau lip balm maupun tabir surya untuk bibir. Anda juga bisa gunakan pelembab alami berupa madu untuk menjaga kelembaban alami bibir Anda.
  3. Konsumsi cukup sayur dan buah, terutama sumber vitamin B, C, E, serta mineral pada saat sahur dan berbuka.
  4. Pijat area bibir dan sekitarnya dengan gerakan lembut memutar untuk melancarkan perederan darah di bibir. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memijat bibir Anda.
  5. Jangan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, karena kandungan di dalamnya akan membuat bibir Anda kering, kusam, dan tidak sehat.
  6. Hindari membasahi bibir Anda dengan ludah (menjilat bibir), karena air liur mengandung kelenjar dan enzim tertentu yang justru bisa membuat bibir teriritasi dan menjadi semakin kering.
  7. Hindari mengelupas kulit bibir yang pecah-pecah karena bisa menyebabkan luka yang justru memicu terjadinya infeksi pada daerah tersebut.
  8. Hindari bernafas lewat mulut. Biasanya sewaktu tidur, kita secara tidak sadar akan bernafas melalui mulut. Ini akan membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah.
  9. Hindari pemicu terjadinya bibir kering dan pecah-pecah, seperti panas terik, polusi udara, dehidrasi, dan lain-lain.
  10. Waspadai gejala anemia akibat kekurangan zat besi, yang salah satu tandanya adalah bibir kering dan pecah-pecah, disertai dengan kelelahan, pusing, sakit kepala, dan sebagainya. Pastikan Anda penuhi kebutuhan zat besi Anda melalui makanan sehari-hari maupun suplementasi zat besi.
  11. Waspadai kekurangan vitamin B, yang salah satu tanda dan gejalanya termasuk bibir kering dan pecah-pecah. Pastikan Anda cukup mengkonsumsi sumber vitamin B maupun suplemen dalam diet Anda setiap harinya.

 

Wah sangat bermanfaat yah untuk mengahadapi bulan puasa nanti.

(Visited 241 times, 1 visits today)