Astagfirullah, Beberapa Produk Kosmetik Dapat Memicu Kelahiran Prematur

788 views
Astagfirullah, Beberapa Produk Kosmetik Dapat Memicu Kelahiran Prematur

Dailymoslem – Wanita yang sedang hamil memang sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan obat-obatan tertentu kecuali dianjurkan oleh dokter yang menangani secara langsung. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa ada beberapa jenis kosmetik yang dapat memicu hal buruk pada anak yang dikandung.

Penelitian di Amerika serikat menyebutkan bahwa wanita hamil yang terpapar bahan kimia jenis ftalat yang biasanya terdapat pada parfum, hair spray, cat kuku, deodorant dan lotion memiliki kemungkinan besar untuk melahirkan secara prematur.Ftalat juga biasanya ditemukan dalam kemasan makanan, mainan plastic, vinil, perelatan kesehatan dan juga obat-obatan.

(Baca juga: 4 Bahan Berbahaya Dalam Kosmetik Ini Bisa Sebabkan Kanker)

Laporan pada Jurnal Asosiasi Medis Amerika (JAMA) menyebutkan bahwa penelitian ini sangat oenting sekali karena persalinan premature merupakan penyebab utama kematian bayi di seluruh dunia. Kelly Ferguson ketua penelitian dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Michigan mengatakan bahwa dari hasil penelitian diperoleh hubungan yang kuat antara paparan ftalat selama masa kehamilan dengan kelahiran yang prematur.

Penelitian ini dilakukan di Bringham and Women’s Hospital di Boston, Massachusetts dengan meneliti 130 wanita yang melahirkan sebelum waktunya dengan 325 peserta pembanding. Para peneliti mengambil sampel urine para wanita pada masa kehamilan untuk melihat tingkat metabolit ftalat yang terkandung dalam tubuh.

(Baca juga: Ini Dia Ketentuan Kosmetik Halal Menurut MUI)

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa beberapa kasus prematur menunjukan wanita hamil memiliki kandungan ftalat tertentu yang sangat tinggi. Semakin tinggi paparannya, semakin besar kemungkinan wanita tersebut melahirkan sebelum waktunya.

Dengan adanya penelitian ini, kewaspadaan para wanita hamil untuk menggunakan produk tertentu seharusnya lebih ditingkatkan. Apalagi jika produk yang akan digunakan itu disinyalir mengandung ftalat,lebih baik segera hindari. Sehingga wanita hamil dapat meminimalisir kemungkinan melahirkan secara prematur.

 

 

(Visited 450 times, 1 visits today)