Anak Terdiagnosis Bronkitis, Menularkah?

3441 views Leave a comment
Anak Terdiagnosis Bronkitis, Menularkah?

Dailymoslem – Banyak pertanyaan di masyarakat terkait penyakit bronkitis, apakah penyakit tersebut dapat menular atau tidak. Sebab banyak masyarakat yang ketika keluarga atau kerabatnya terkena bronkitis, tetap dirawat di rumah seperti penyakit pada umumnya.

Menjawab pertanyaan tersebut, dr. Jessica Winoto, interactive medical advisor di alodokter.com mengatakan bahwa bronkitis merupakan kondisi di mana terjadi infeksi pada saluran pernapasan bronkus, sehingga menimbulkan iritasi dan peradangan, seperti dikutip dari alodokter.com.

Gejala bronkitis di antaranya:

  • Batuk dengan dahak berwarna kuning kehijauan
  • Nyeri tengorokan
  • Hidung beringus
  • Tidak nyaman

Bronkitis disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Virus terkandung pada droplet (tetes kecil udara) yang keluar dari hidung dan mulut saat seseorang batuk atau bersin. Virus yang terdapat pada permukaan benda, dapat bertahan hingga 24 jam. Saat tangan seseorang menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi, dan kemudian meletakkan tangannya dekat dengan hidung atau mulut, maka dapat menjadi terinfeksi. Selain itu juga dapat melalui droplet yang mengandung virus yang terhirup.

Merokok, menghiru bahan iritan paru seperti tekstil atau uap bahan kimia tertentu, dan refluks asam lambung yang mengiritasi tenggorokan, dapat menjadi faktor risiko terjadinya bronkitis.

(Visited 1 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]