Amankah Konsumsi Kopi untuk Ibu Hamil?

86 views Leave a comment
Amankah Konsumsi Kopi untuk Ibu Hamil

Dailymoslem – Di masa kehamilan, ada beberapa makanan dan minuman yang perlu diwaspadai ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga masa kesehatan janin. Selain itu, banyak juga makanan yang disarankan untuk membantu pertumbuhan janin.

Salah satu jenis minuman yang sering terdengar dilarang untuk ibu hamil adalah kopi. Benarkah kopi tidak aman untuk dikonsumsi ibu hamil?

Dilansir dari 1health.id, konsumsi kopi untuk ibu hamil diperbolehkan asalkan dengan jumlah yang wajar. Tidak disarankan untuk ibu hamil mengonsumsi lebih dari 200mg kafein sehari, yang setara dengan dua cangki kopi instan atau satu cangkir kopi hitam yang diseduh. Namun, Anda juga harus menghindari kandungan kafein dalam makanan dan minuman lain selain kopi seperti teh, soda dan cokelat.

Tak tanggung-tanggung, risiko yang bisa ditimbulkan dari konsumsi kopi lebih dari 200mg setiap harinya adalah risiko keguguran hingga 25 persen. Selain itu, kafein berlebihan juga dapat menyebabkan bayi anda memiliki berat badan yang rendah. Bayi yang terlahir dengan berat badan rendah akan mengalami berbagai risiko kesehatan saat dewasa nanti.

Jadi, masih boleh bagi ibu hamil mengonsumsi kopi atau kafein, asalkan dengan jumlah yang sudah disebutkan di atas, ya. Semoga bermanfaat.

(Visited 75 times, 1 visits today)