Akibat Yang Tak Diduga Dari Terlalu Banyak Tidur

746 views Leave a comment

Dailymoslem – Kekurangan waktu tidur memang membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah dan mudah terserang penyakit, sehingga banyak sekali nasihat agar tidak tidur terlalu larut. Namun tahukah kamu, bahwa kelebihan waktu tidur pun ternyata berakibat kurang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh tidur terlalu lama.

Diabetes

Seseorang yang tidur lebih dari delapan jam sehari ternyata dinilai lebih rentan untuk mengidap diabetes tipe 2. Menurut penelitian yang dilakukan di Quebec, gangguan gula darah akan semakin meningkat saat tubuh tidak banyak bergerak. Itulah sebabnya, terlalu banyak tidur akan meningkatkan risiko terkena diabetes.

Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa dari 3000 data yang mereka teliti ternyata orang yang terlalu banyak tidur memiliki risiko lebih besar untuk terkena angina.

Kenaikan Berat Badan

Kenaikan berat badan sangan dipengaruhi oleh banyak atau tidaknya tubuh bergerak. Saat seseorang tidur sembilan hingga sepuluh jam perhari para peneliti menyebutkan ia tak akan terlalu banyak menggerakan tubuh , sehingga memungkinkan untuk bertambah berat badannya.

Sulit Berkonsentrasi

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society, tidur yang terlalu lama dapat menyebabkan otak sulit melakukan tugas hariannya, termasuk sulit berkonsentrasi. Tidur lama juga cenderung mengakibatkan seseorang memiliki masalah fungsi mental atau depresi.

Mudah Marah

Percaya atau tidak, orang yang teralalu banyak tidur akan mudah marah. Hal ini dikarenakan tidur terlalu lama sangat memengaruhi suasana hati atau mood. Selain itu, orang yang terlalu banyak tidur pun akan merasa lebih malas.

 

Ternyata, apapun yang berlebihan itu tidak baik ya. Jadi, jangan bergadang dan jangan teralalu banyak tidur ya ^^

(Visited 1 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS