Agar Kaki Tidak Bengkak Saat Hamil

343 views
Agar Kaki Tidak Bengkak Saat Hamil

Dailymoslem – Pada masa kehamilan tak jarang wanita mengalami bengkak pada kaki. Sebenarnya hal ini adalah sebuah hal yang wajar, karena pada periode kehamilan tubuh memproduksi banyak cairan sehingga mempengaruhi bentuk tubuh tak terkecuali kaki. Rahim yang juga membesar memberikan pengaruh pada pembuluh darah dan menyebabkan kaki menjadi bengkak.

Meskipun dianggap hal wajar karena akan menghilang setelah melahirkan, namun keadaan ini cukup mengganggu. Ada beberapa cara untuk mengurangi pembengkakan di daerah kaki. Apa saja itu? Berikut penjelasannnya.

Posisi Tidur Yang Tepat

Ketika hamil, tidur memang menjadi agak sulit. Tidak sebebas biasanya. Dengan menggah kaki dengan bantal atau guling, aliran darah dari kaki akan lebih lancar sehingga pembengkakan dapat diminimalisir.

Banyak Minum Air Putih

Dengan banyak minum air putih, tubuh  tidak akan kekurangan cairan. Sehingga produksi cairan yang berlebihan akan berangsur normal. Hal ini membuat kaki tidak mengalami pembengkakan yang terlalu.

Olahraga Ringan

Usahakan untuk melakukan beberapa olahraga ringan khusus ibu hamil. Misalnya saja yoga ibu hamil. Hal ini mampu meningkatkan sirkulasi darah dan melenturkan tubuh. Selain yoga, berenang juga bisa jadi pilihan.

Kompres Dengan Air Dingin

Megkompres kake yang bengkak dengan air dingin dapat membantu melancarkan peredaran darah pada kaki dan membuat kaki lebih rileks. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan.

 

(Visited 370 times, 1 visits today)