Agar Dapat Mencegah Dan Mengatasi Kelahiran Prematur, Hal Berikut Ini Harus Diketahui

578 views Leave a comment
Agar Dapat Mencegah Dan Mengatasi Kelahiran Prematur, Hal Berikut Ini Harus Diketahui

Dailymoslem РDikaruniai keturunan memang merupakan kebahagiaan bagi para pasangan suami istri. Apalagi jika anak tumbuh dengan sehat dan juga pintar. Namun, bagaimana jika Allah menguji dengan kelahiran anak yang belum pada waktunya atau prematur.  Pastinya kita harus mengetahui apa penyebab dan apa yang harusnya dilakukan jika ternyata bayi dilahirkan secara prematur.

Apa Penyebabnya?

Kelahiran prematur adalah, kelahiran yang terjadi saat kehamilan memasuki minggu ke 37 atau tiga minggu lebih sebelum hari perkiraan lahir. Sampai saat ini masih belum diketahui penyebab pasti kelahiran dini seperti ini, namun beberapa ahli menyatakan bahwa kelahiran prematur biasa terjadi  pada ibu yang pernah mengandung anak kembar, jarak kehamilan pertama dan kedua kurang dari 6 bulan, keguguran, atau pernah melakukan aborsi berulang.

Selain itu, gaya hidup ibu yang kurang baik seperti ketergantungan pada obat-obatan terlaran ataupun rokok bisa sangat mempengaruhi dampak pada bayi dalam kandungan. Kondisi mental juga disebut dapat mempengaruhi proses melahirkan, semakin ibu sering merasa stress semakin besar kemungkinan ibu melahirkan prematur.

Cara menghindari Kelahiran Prematur

Pola hidup yang sehat sebaiknya dijaga sang ibu untuk memastikan bahwa tumbuh kembang janin berjalan dengan baik dan sempurna. Konsumsi makanan yang baik untuk pertumbuhan janin. Misalnya ikan yang mengandung protein dan omega 3 yang baik untuk tumbuh kembang otak janin dan juga olahan kedelai yang kaya akan kandungan asam folat dan vitamin B. Olahraga yang cukup dan sebisa mungkin berusaha bahagia setiap saat.

Apa yang terbaik untuk bayi prematur?

Hal yang terbaik untuk bayi lahir prematur adalah metode kangoroo mother care yaitu melakukan kontak kulit dengan ibu dan ayahnya. Banyak hal yang membuktikan bahwa metabolisme bayi prematur jauh lebih stabil ketika berdekatan dengan orang tuanya. Napas bayi lebih stabil, rileks dan tenang, tekanan darahnya lebih normal, kadar gula darah serta suhu kulit mereka pun lebih baik.

Itulah hal-hal yang harus diketahui mengenai kelahiran bayi prematur. Saat hal tersebut terjadi, percayalah bahwa bayi anda akan senantiasa sehat jika dirawat dengan penuh kasih sayang ^^

Baca juga:

Kenapa Anak Lebih Rewel Saat Ada Ibunya? Alasannya Tak Terduga

Astagfirullah, Beberapa Produk Kosmetik Dapat Memicu Kelahiran Prematur

(Visited 1 times, 1 visits today)