9 Resep Ramuan Tempo Dulu untuk Wajah, Rambut dan Tubuh yang Bisa Bikin Kamu Cantik Alami

131 views Leave a comment
9 Resep Ramuan Tempo Dulu untuk Wajah, Rambut dan Tubuh yang Bisa Bikin Kamu Cantik Alami

Dailymoslem – Meski berbagai produk perawatan kecantikan telah banyak ragamnya, namun ramuan kecantikan tempo dulu memiliki khasiat yang tak tergantikan. Bukan hanya lebih ampuh, perawatan kecantikan dengan bahan alami juga lebih minim risiko untuk kulit dan tubuh.

Berikut ini 9 resep ramuan kecantikan tempo dulu yang bisa kamu coba sendiri di rumah untuk perawatan kecantikan alami.

Wajah

Bedak Dingin Beras

Bedak dingin biasanya digunakan para wanita pesisir untuk melindungi wajah dari sengatan matahari. Salah satu bahan untuk membuat adalah beras.

Beras memiliki banyak khasiat untuk kulit, di antaranya menjaga kemudaan kulit denan kandungan pitera dan inositol, juga menutrisi dengan senyawa vitamin B kompleks yang merangsang pertumbuhan sel.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup rendam beras yang sudah di cuci dalam aur semalaman. Keesokan harinya, tumbuk beras hingga halus dan campurkan dengan irisan daun pandan atau kelopak bunga. Bentuk menjadi bola-bola kemudian biarkan mengering. Jika memerlukannya, kamu bisa mengambil satu atau dua buah, mencampurnya dengan air dan mengaplikasikannya ke wajah.

Madu

Madu memang salah satu bahan yang paling terkenal untuk perawatan alami kecantikan wajah. Madu adalah lip balm terbaik yang disediakan alam. Kandungan antioksidannya dapat memperbaiki kerusakan kulit, mengatasi bibir kering, anti-bakteri, melembapkan kulit dan juga membuat kulit bercahaya.

Caranya, gunakan madu organik tanpa campuran bahan apapun kemudian oleskan di wajah yang membutuhkan perawatan ekstra. Diamkan 30 menit kemudian bilas.

Bilasan Sirih

Kamu yang memiliki masalah jerawat bisa mengatasinya dengan sirih. Caranya, rebus beberapa lembar daun siri segar selama 1 menit, diamkan hingga hangat. Gunakan air rebusan yang sudah hangat tersebut untuk membilas wajah. Pastikan kamu sudah membersihkan wajahmu dari make-up dulu sebelumnya. Lakukan dua kali sehari, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan.

Kandungan antiseptik dalam sirih dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kelebihan minyak di kulit wajah.

Rambut

Lidah Buaya

Kandungan 18 asam amino, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin E dalam lidah buaya dapat membantu melembabkan dan menyuburkan rambut. Gunakan getah lidah buaya segar untuk memijat kulit kepala dan akar rambut, diamka 30 menit kemudian bilas.

Bilasan Santan

Bilasan santan memliki khasiat untuk melembutkan, menguatkan dan melebatkan rambut. Hal ini berkat kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks, zinc, selenium, magnesium dan fosfor yang terdapat dalam bilasan santan.

Caranya mudah, bilas rambut dengan menggunakan santan kental, kemudian diamkan semalaman untuk overnight repair treatment. Santan juga bisa dicampurkan dengan sampo untuk digunakan keramas seperti biasa.

Minyak cem ceman

Minyak ini merupakan salah satu jurus andalan orangtua jaman dulu untuk merawat rambut. Minyak yang dibuat dari campuran minyak kelapa, daun waru, daun mangkokan dan bunga kenanga ini berfungsi sebagai penyubur rambut alami.

Tubuh

Lulur Mangir

Lulur mangir terbuat dari kunyit, tepung beras, daun kemuning, temu giring dan bunga kenangan. Lulur ini dapat membantu mengelupas sel kulit mati dan menutrisi kulit dengan kandungan antioksidan kunnyit dan nutrisi lainnya.

Bengkoang

Kandungan bengkoang seringkali digunakan dalam berbagai produk kecantikan untuk mencegah penuaan dini dan mencerahkan kulit. Namun, akan lebih baik dan berkhasiat jika kamu menggunakan bahan alaminya secara langsung. Caranya mudah, cukup haluskan bengkoang dengan cara diparut, kemudian gosokkan pada kulit dan jadikan masker.

Menurut Dr. Oz, bengkoang kaya akan vitamin B1 dan vitamin C yang ampuh untuk mencegah penuaan dini dan mencerahkan kulit. Dapatkan khasiat umbi kecantikan ini dengan mengolahnya menjadi masker. Cukup parut bengkoang segar, kemudian gosokkan pada kulit. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Getah pepaya

Tak hanya buahnya, getah dari pohon pepaya pun bisa digunakan untuk kecantikan. Getah pepaya dapat mengobati tumit pecah-pecah dan mengangkat sel kulit mati. Cukup oleskan getah dari batang atau daun pepaya segar di bagian kulit yang kering dan kasar.

(Visited 114 times, 1 visits today)