7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Diketahui

434 views
02-16-14_wt_fasting

Dailymoslem – Bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah sudah ada di depan mata. Sebentar lagi kewajiban berpuasa selama satu bulan harus kita jalani. Ya, selama satu bulan kita tidak boleh makan dan minum dari mulai terbitnya fajar hingga tenggelamnya fajar. Selain itu kita juga diwajibkan untuk menahan emosi saat menjalaninya.

Namun tahukah kamu, bahwa puasa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh? Sungguh, apapun yang menjadi perintah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala pasti memiliki manfaat bagi diri kita. Karena Allah adalah Dzat yang Maha Agung dan Maha Mengetahui segala sesuatu yang tidak kita ketahui. Berikut ini adalah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh:

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Seperti yang kita ketahui bahwa saat berpuasa kita tidak diperbolehkan makan disiang hari. Olehkarena itu asupan sumber glukosa dalam tubuh menjadi berkurang. Olehkarena itu tubuh tidak menggunakan glukosa sebagai sumber energy melainkan menggunakan lemak.

Puasa sangat baik untuk proses detoksifikasi

Selama 11 bulan, perut kita dibuat bekerja secara terus menerus. Ketika bulan ramadhan, kita membatasi makan dan minum sehingga perut memiliki waktu untuk beristirahat. Selain itu karena lema tubuh terpakai, maka sisa-sisa zat buangan atau wacun yang ada dalam sel lemak juka akan terbuang dari dalam tubuh.

Puasa adalah cara diet terbaik

Karena tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi, tubuh akan semakin ringan karena lemak akan terbuang selama bulan puasa. Tak heran mengapa banyak orang yang terlihat kurus setelah mejalani bulan puasa. Tentunya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan secukupnya saat buka dan sahur.

Membuat tubuh menjadi nyaman dan pikiran menjadi tajam

Tahukah kamu? Bahwa setelah kita menjalani puasa selama beberapa hari, hormone endorphin akan meningkat dalam tubuh. Hormon tersebut berguna untuk menajamkan pikiran dan konsentrasi serta memberikan perasaan nyaman.

Sangat bermanfaat untuk jantung

Saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL dan apoprotein alfa1. Penurunan LDL sendiri ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Beberapa penelitian “chronobiological” menunjukkan saat puasa Ramadhan berpengaruh terhadap ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin dan glisemia. Berbagai perubahan yang meskipun ringan tersebut tampaknya juga berperan bagi peningkatan kesehatan manusia.

Memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kerja sel

Saat puasa terjadi perubahan dan konversi yang masif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan, sebelum didistribusikan dalam tubuh terjadi format ulang. Sehingga, memberikan kesempatan tunas baru sel untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerjanya. Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak dan asam amino penting saat makan sahur dan berbuka. Sehingga terbentuk tunas-tunas protein , lemak, fosfat, kolesterol dan lainnya untuk membangun sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati. Jumlah sel yang mati dalam tubuh mencapai 125 juta perdetik, namun yang lahir dan meremaja lebih banyak lagi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi peningkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Kendati keseluruhan sel darah putih tidak berubah ternyata sel T mengalami kenaikkan pesat. Pada penelitian terbaru menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar apo-betta, menaikkan kadar apo-alfa1 dibandingkan sebelum puasa. Kondisi tersebut dapat menjauhkan serangan penyakit jantung dan pembuluh darah.

(Visited 1,317 times, 1 visits today)