7 Manfaat Mengonsumsi Lemak Baik untuk Kesehatan

78 views Leave a comment
7 Manfaat Mengonsumsi Lemak Baik untuk Kesehatan

Dailymoslem –┬áLemak dalam makanan memang seringkali membaut makanan terasa lebih enak dan gurih. Namun, umumnya orang menghindari lemak karena dianggap dapat menyebabkan kegemukan. Padahal, kandungan lemak baik dalam makanan justru dapat menyehatkan.

Lemak baik berasal dari tanaman seperti zaitun, alpukat dan kacang, atau juga dari hewas seperti lemak dalam ikan. Lemak baik tersebut biasanya memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi lemak baik untuk kesehatan, dilansir dari boldsky.com.

Menguatkan Tulang

Salah satu manfaat dari mengonsumsi lemak baik adalah menyehatkan tulang. Lemak baik yang berasal dari minyak zaitun dan alpukat memiliki kandungan vitamin K2 dan vitamin D yang dapat menguatkan tulang dan juga mengurangi risiko terkena osteoporosis.

Meningkatkan Fungsi Otak

Lemak baik juga dibutuhkan di dalam otak untuk membangun sel-sel otak yang dapat semakin meningkatkan fungsi otak. Mengonsumsi makanan dengan lemak baik dapat memfasilitasi otak untuk dapat berfungsi lebih baik.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Lemak baik yang dapat berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh diantaranya adalah butter dan minyak kelapa yang memiliki kandungan antifungal, antimicrobial dan antiviral alami. Kandungan ini berfungsi untuk membunuh bakteri dan infeksi dan menjaga sistem imunitas tubuh.

Menjaga Kesehatan Organ Hati

Berdasarkan penelitian, lemak baik dapat membantu melindungi organ hati dari efek obat-obatan dan alkohol. Selain itu, mengonsumsi lemak baik juga dapat menjaga organ hati dalam kondisi yang baik.

Mengurangi Risiko Penyaki Kardiovaskular

Penelitian membuktikan bahwa kandungan lemak baik dapat membantu menurunkan level lipoprotein, yang merupakan salah satu faktor terbesar penyebab terjadinya penyakit kardiovaskular.

Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Kekurangan asupan lemak baik dapat menyebabkan kulit kering dan juga gangguan penglihatan. Kandungan omega 3 dalam lemak baik juga dapat melembutkan kulit dan juga memperbaiki kondisi penglihatan.

Meningkatkan Kesuburan

Konsumsi lemak baik yang cukup juga dapat meningkatkan kesehatan reproduksi untuk mempeorduksi hormon, baik bagi wanita maupun pria. Kekurangan lemak baik dapat menyebabkan menurunnnya kadar tertosteron pada pria yang sangat penting unutk kesehatan reproduksi. Pada wanita, kekurangan lemak baik juga dapat mengurangi kesuburan.

(Visited 69 times, 1 visits today)