7 Makanan Buatan yang Perlu Diwaspadai untuk Kesehatan

95 views Leave a comment
7 Makanan Buatan yang Perlu Diwaspadai untuk Kesehatan

Dailymoslem – Berbagai makanan buatan banyak tersedia di pasaran untuk memberikan kita cara untuk menikmati rasa makanan tertentu dengan cepat dan mudah. Namun, makanan-makanan itu ternyata perlu diwaspadai karena dapat membahayakan kesehatan.

Makanan buatan apakah yang perlu diwaspadai untuk menjaga kesehatan tubuh? Berikut ini 7 di antaranya.

Krim Buatan yang Menyebabkan Penyakit Jantung

Krim buatan yang dimaksud adalah krim instan yang biasanya digunakan untuk melengkapi kue tart ataupun teh dan kopi instan agar rasanya lebih creamy. Krim susu buatan ini mengandung asam lemak trans yang berperan besar dalam meningkatkan risiko penyakit jantung.

Makanan Pastry yang Mengandung Aditif

Aditif atau pelengkap makanan yang digunakan untuk menambah rasa atau penampilan makanan biasanya ditemukan dalam chocolate pie, custard pie dan juga berbagai makanan dessert, pudding dan crackers gurih.

Saat membeli makanan-makanan tersebut, coba perhatikan kembali komposisinya. Dalam komposisi, zat aditif ini bisa berupa MSG, tartrazin atau garam alginat. Zat ini memiliki kandungan lemak yang tinggi, dapat memberikan rasa manis dan renyah pada makanan yang ditambahi zat ini.

Margarin  Buatan yang Meningkatkan Risiko Penyakit Kardio Serebrovaskular

Penyakit kardio serebrovaskular adalah penyakit yang menyerang jantung, otak dan pembuluh darah. Selain dalam bentuk margarin itu sendiri, makanan yang mengandung mentega buatan ini seperti biskuit, chocolate pie, salad dressing atau teh susu. Mentega yang dibuat secara alami memang baik untuk otak dan perkembangan sistem syaraf. Namun mentega yang dibuat perusahaan dalam skala besar perlu diwaspadai karena mengandung bahan tambahan sintetis dan murahan.

Makanan Laut Buatan

Misalnya bakso ikan, bakso udang, sosis kepiting dan berbagai makanan olahan yang dibuat dengan campuran makanan laut atau seafood. Makanan olahan ini bisa jadi cara paling mudah untuk mengonsumsi seafood yang cepat disajikan.

Yang tidak kita kethui adalah dalam bakso dan makanan olahan tersebut terdapat gelatin, bahan pewangi, pemutih dan zat aditif lainnya, belum lagi bahan kimia yang bisa menambah elastisitas bakso.

Bakso-bakso seperti tersebut di atas sangat sedikit isinya (daging), bahkan tanpa isi daging sedikitpun. Dalam sebiji bakso-bakso itu mengandung gelatin, bahan pewangi, pewarna, pemutih dan puluhan jenis aditif lainnya.

Daging Olahan

Sama seperti seafood olahan, makanan daging olahan seperti ham, sosis, kornet dan daging kalengan juga perlu Anda waspadai, terutama yang dikemas dalam kaleng. Dalam makanan olahan terdapat kandungan nitrit yang dapat memicu gejala pusing, sesak napas, mual, muntah, sakit perut, diare, bahkan hingga menyebabkan gejala penyakit kanker jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

Produk Jelly dan Pudding

Makanan ini menjadi favorit anak-anak karena warna-warnanya yang menarik dan rasanya yang manis dan lembut. Namun, para ahli menyebutkan bahwa makanan ini perlu diwaspadai karena mengandung banyak gula, juga mengandung bahan pengenyal dalam proses pembuatannya.

Bahan Pengembang Makanan

Bahan ini bisanya terdapat dalam camilan seperti keripik kentang, popcorn dan shrimp strips (camilan udang). Menurut para ahli, makanan ini umumnya mengandung leavening agent atau bahan pengembang buatan yang mengandung banyak timbal dan alumunium yang dapat merusak sistem saraf. Setelah dikonsumsi, 10%-15% kadar aluminuium tersebut dapat dikeluarkan, namun sisanya tertimbun dalam tubuh.

 

 

(Visited 162 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS