7 Khasiat Daun Pandan Wangi untuk Kesehatan

200 views Leave a comment
7 Khasiat Daun Pandan Wangi untuk Kesehatan

Dailymoslem – Daun pandan wangi banyak digunakan untuk membuat kue karena bisa memberi warna hijau segar pada kue dan wanginya yang menggugah selera.

Beberapa orang bahakan juga menggunakan daun pandan wangi untuk memasak nasi dengan cara menaruh daun pandan yang diikat simpul ke dalam nasi yang akan ditanak karena wanginya yang menggugah selera. Daun panggang wangi juga ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini 7 di antaranya.

Mengobati Rematik

Rematik merupakan penyakit yang menimbulkan rasa sakit di otot dan persendian. Untuk menyembuhkan rematik dengan menggunakan daun pandan wangi, ambil 3 lembar daun pandan segar, kemudian cuci bersih dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dididihkan, aduk hingga rata. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan dingin. Setelah dingin, gunakan sebagai obat gosok di bagian yang sakit.

Mengobati Pegal Linu

Pegal linu biasanya terjadi karena kerja otot yang berlebihan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Caranya, gunakan 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Setelah itu, cuci bersih dan tumbuk hingga halus dan tambahkan 1 sendok makan minyak kayuputih dan minyak gandapura, aduk rata. Gunakan sebagai obat gosok.

Mengobati Lemah Saraf

Gejala penyakit lemah saraf ini adalah sering cepat lelah dan lemah, malas berpikir dan mudah lupa. Untuk cara mengobatinya, gunakan 3 lembar daun pandan wangi kemudian cuci bersih dan potong-potong. Rebus daun pandan yang sudah dipotong-potong dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Minum setelah dingin dan kondumsi rutin 2 kali sehari pagi dan sore, masing-masing 1 gelas.

Mengatasi Gelisah

Penyakit emosional seperti gelisah berlebihan juga ternyata bisa disembuhkan dengan daun pandan. Caranya, gunakan 2 lembar daun pandan wangi kemudian cuci bersih dan iris tipis. Setelah itu, seduh dengan segelas air mendidih. Setelah mendidih, biarkan hingga dingin kemudian saring airnya. Konsumsi dengan cara diminum sekaligus secara rutin 2 atau 3 kali sehari sampai merasa tenang.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, gunakan beberapa lembar daun pandan wangi kemudian rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa 2 gelas. Kemudian saring airnya dan minum secara rutin dua kali sehari pagi dan sore.

Menambah Nafsu Makan

Gunakan 2 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

Mengatasi Lemah Syahwat

Gunakan 3 lembar daun pandan wangi, kemudian cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus daun pandan dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Konsumsi secara rutin dua kali sehari setiap pagi dan sore, masing-masing 1 gelas.

Selamat mencoba!

(Visited 186 times, 1 visits today)