7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Ibu Hamil

124 views Leave a comment
7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Ibu Hamil

Dailymoslem – Seorang wanita yang sedang hamil perlu memerhatikan kesehatannya tak hanya untuk dirinya sendiri, tapi jgua untuk menjaga kesehatan dan kelangsungn hidup janin yang dikandungnya. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan bernutrisi.

Tak hanya itu, ibu hamil juga sebaiknya menghindari hal-hal berrisiko yang dapat mengganggu atau mengancam kesehatan janin. Berikut ini 7 hal yang sebaiknya dihindari selama kehamilan.

Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu dengan hak yang tinggi dapat menyebabkan peregangan otot di daerah pinggang, sehingga membuat beban ibu hamil semakin bertambah. Pada saat menggunakan sepatu hak tinggi, tubuh akan condong ke depan sehingga ibu hamil akan berusaha menegakkan dan peregangan otot di pinggang menjadi bertambah. Menggunakan sepatu hak tinggi saat kehamilan sudah mulai besar juga dapat meningkatkan risiko terjatuh.

Menggunakan Obat Anti Nyamuk

Terdapat kandungan bahan kimia aktif yang termasuk golongan pestisida di dalam obat anti nyamuk. Zat kimia ini dapat meicu kerusakan saraf, juga mengandung minyak tanah yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal pada janin. Hindari obat anti nyamuk baik dalam bentuk semprot, bakar, listrik maupun oles. Gunakan kelambu di ventilasi atau tanamlah tanaman yang dapat menghindarkan nyamuk di sekitar rumah.

Melakukan Perjalanan yang Jelek dan Melelahkan

Beberapa pendapat menyebutkan ibu hamil sebaiknya tidak mengendarai sepeda motor atau mobil karena dapat membahayakan janin. Ibu hamil sebenarnya boleh saja menggunakan kendaraan motor asalkan tidak mengalami guncangan hebat seperti melewati jalanan jelek, karena dapat membuat otot punggung, pinggang dan paha meregang.

Mengonsumsi Obat-Obatan Tanpa Petunjuk Dokter

Obat yang dikonsumsi ibu hamil bisa masuk ke dalam plasenta dan sirkulasi janin. Bahkan bagi ibu menyusi, beberapa obat dapat ikuet keluar melalui ASI. Maka, sebaiknya konsultasikan semua obat yang Anda konsumsi dengan dokter kandungan Anda.

Diet

Diet selama kehamilan dapat menyebabkan Ibu kekurangan vitamin, mmineral dan zar-zat lain yang diperlukan selama kehamilan. Lengkapi semua asupan nutrisi agar janin tumbuh sehat dan bergizi.

Sembarangan Menggunakan Perawatan Kecantikan

Beberapa obat perawatan kecantikan memiliki kandungan zat-zat yang berbahaya untuk ibu hamil, bahkan meskipun perawatan tersebut hanya dilakukan di luar tubuh seperti dalam bentuk krim atau lotion. Hindari kosmetik yang mengandung merkuri, paraben dan bahan berbahaya lainnya.

Makan Sembarangan

Beberapa makanan juga berbahaya bagi perkembangan janin. Banyak-banyaklah membaca mengenai makanan yang disarankan untuk mendukung perkembangan janin dan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anda juga bisa mengonsultasikan hal ini pada bidan atau dokter kandungan Anda.

(Visited 99 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS