7 Efek Negatif Facial yang Jarang Disadari Orang

121 views Leave a comment
7 Efek Negatif Facial yang Jarang Disadari Orang

Dailymoslem – Perawatan facial merupakan perawatan kecantikan yang banyak dilakukan wanita untuk menjaga kesegaran dan kesehatan wajah. Meski tujuannya untuk menyehatkan dan menyegarkan, namun ternyata facial juga memiliki efek negatif untuk kulit wajah yang harus diwaspadai.

Berikut ini beberapa kemungkinan dampak negatif dari facial seperti dilansir dari Boldsky.

Iritasi Kulit

Krim yang digunakan untuk facial terkadang memiliki kandungan bahan kimia dengan konsentrasi tinggi. Hal ini yang dapat membahayakan kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Salah satu gejalanya adalah iritasi dan gatal-gatal di kulit.

Pembengkakan Wajah

Pada saat melakukan perawatan facial, biasanya juga dilakukan pengelupasan kulit mati yang berguna untuk meningkatkan keremajaan kulit. Namun, pengelupasan kulit mati dapat memberikan dampak negatif jika dilakukan terlalu sering, juga dapat mengakibatkan warna kulit menjadi tidak merata dan wajah membengkak.

Ruam Kemerahan

Bahan kimia tertentu yang terkandung dalam krim facial bisa jadi terlalu kuat atau tidak cocok dengan jenis kulit Anda, hal ini dapat menyebabkan ruam kemerahan, pembengkakakn hingga peradangan kulit.

Jerawat

Meski beberapa orang melakukan facial untuk mengilangkan jerawat, namun jerawat justru bisa datang setelah perawatan facial. Hal ini disebabkan karena proses eksfoliasi saat facial yang membuka pori-pori dan merangsang produksi sebum. Namun, hal ini bisa dicegah dengan toning kulit yang tepat.

Alergi

Ada berbagai jenis facial yang ditawarkan oleh salon atau klinik kecantikan. Produk-produk yang digunakan pun biasanya berbeda. Bukan tidak mungkin salah satu produk ini menimbulkan reaksi alergi terhadap beberapa orang.

Jaringan Parut

Pada saat facial, biasanya juga dilakukan proses mengeluarkan komedo dengan menggunakan jari atau alat khusus. Hal ini dapat menyebabkan luka jika tidak dilakukan dengan teknik yang tepat. Kemungkinan terburuknya, bisa terbentuk jaringan parut yang menyebabkan kulit tak lagi mulus.

Kulit Kering

Perawatan facial yang terlalu sering juga dapat menghilangkan kelembapan alami kulit dan mengganggu keseimbangan pH kulit, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

(Visited 174 times, 1 visits today)