6 Tips untuk Ibu Hamil Agar Dapat Melahirkan Secara Normal

235 views Leave a comment
6 Tips untuk Ibu Hamil Agar Dapat Melahirkan Secara Normal

Dailymoslem – Dapat melahirkan secara normal mungkin menjadi impian hampir setiap calon ibu. Selain lebih berrisiko, kelahiran secara caesar juga biasanya membutuhkan dana yang lebih besar. Untuk dapat melahirkan secara normal, Ibu bisa mengontrolnya sejak awal kehamilan.

Dilansir dari bidanku.com, berikut ini 6 tips yang bisa dilakukan ibu hamil untuk dapat melahirkan secara normal.

Mengikuti Kelas Ibu Hamil

Kelas ibu hamil biasanya diisi dengan kegiatan senam hamil, maupun untuk mengonsultasikan keluhan selama kehamilan, perawatan selama kehamilan, juga perawatan ketika dan pasca kehamilan. Di kelas ibu hamil ini Ibu akan didampingi oleh perawat yang akan mengarahkan Ibu pada gaya hidup sehat selama hamil, sehingga risiko gangguan kehamilan yang menyebabkan kelahiran caesar dapat diminimalisir.

Memilih Penyedia Layanan Kesehatan untuk Kelahiran Normal

Ibu juga bisa mengarahkan diri untuk melahirkan normal sejak awal kehamilan dengan memilih penyedia layanan kesehatan untuk kelahiran normal. Penyedia layanan kesehatan untuk kelahiran normal ini biasanya bisa ditemukan di rumah sakit, dokter, bidan, ahli kandungan dan ahli fetomaternal.

Mengontrol Kenaikan Berat Badan Selama Kehamilan

Kenaikan berat badan biasanya terjadi di usia kehamilan trimester kedua dan ketiga. Sebaiknya kontrol berat badan Ibu agar kenaikannya tidak melebihi 12-15kg. Kenaikan badan yang terlalu tinggi akan memperbesar risiko untuk melahirkan secara caesar. Jadi, sebaiknya kontrol berat badan Ibu jika ingin melakukan persalinan normal.

Siapkan Posisi yang Mendukung Kelahiran Normal

Ibu juga bisa mengusahakan posisi bayi agar cocok untuk kelahiran normal dengan cara melakukan gerakan-gerakan seperti sujud atau gerakan naik turun tangga. Perhatikan juga intensitas saat melakukan gerakan-gerakan tersebut, sebaiknya lakukan secara santai tanpa terburu-buru. Untuk gerakan sujud, Ibu bisa melatihnya dengan melakukan shalat-shalat sunnah dan juga mengepel lantai dengan menggunakan lap dan tangan.

Siapkan Energi Ekstra

Untuk persalinan secara normal, Ibu akan membutuhkan energi ekstra untuk menghadapi mulas dan juga kontraksi yang bisa saja terjadi dalam jangka waktu yang tidak tentu. Jadi, sebaiknya konsultasikan dengan tim kesehatan Ibu agar menyiapkan diri untuk energi ekstra tersebut.

Rileks

Siapkan suasana yang rileks untuk membantu Ibu melakukan persalinan normal. Siapkan kolam rendam air hangat yang dapat mengurangi rasa sakit dan membantu Ibu lebih santai. Selain itu, tenangkan diri dengan mengatur pernapasan, bermeditasi, berjalan kaki, mengubah posisi, mendapatkan pijatan dari suami atau orang terdekat dan mendengarkan musik.

featured image: novshop.com

 

 

 

 

(Visited 255 times, 1 visits today)