6 Tips Menyimpan Buah dan Sayuran Di Kulkan Agar Tahan Lama

132 views Leave a comment
6 Tips Menyimpan Buah dan Sayuran Di Kulkan Agar Tahan Lama

Dailymoslem – Sayuran yang baru dibeli dan tidak akan langsung dimasak biasanya disimpan di dalam kulkas agar bisa awet beberapa hari lebih lama. Sebenarnya, Anda bisa membuat stok sayuran Anda bertahan lebih lama lagi dengan trik-trik khusus sesuai jenis sayuran itu sendiri.

Berikut ini beberapa cara mudah untuk menjaga dan mempertahankan buah dan sayur agar bisa awet lebih lama di kulkas yang dilansir dari US News Health, Senin (18/01).

Asparagus

Agar asparagus bisa bertahan lebih lama, simpan dengan menggunakan vas yang diisi air seperti menaruh setangkai bunga mawar. Hal ini dibuktikan oleh ahli biokimia Colin Dennis dari Institute of Food Technologists.

Selada dan Bayam

Sayuran seperti selada dan bayam memiliki kandungan air yang cenderung tinggi. Tak heran jika kedua jenis sayuran ini mudah layu. Untuk mempertahankan kekuatannya, segera cuci bersih dan keringkan selada dan bayam yang baru dibeli, kemudian simpan di dalam wadah kedap udara atau jantong plastik yang mampu mempertahankan kelembapan sayuran. Bisa juga dengan membungkusnya dengan handuk kering.

Potongan Apel dan Alpukat

Terkadang, kita hanya memakan setengah buah alpukat atau separuh buah apel dan menyimpan sisanya di kulkas. Sisa potongan ini akan berubah kehitaman dan rasa manisnya berkurang. Untuk menghindari hal ini, Mike Fenster seorang ahli jantung sekaligus koki di Florida menyarankan untuk menyemprotkan lemon atau jeruk nipis pada irisan apel dan alpukat sebelum menyimpannya kembali ke dalam wadah atau plastik kedap udara.

Tomat

Tomat memiliki tekstur yang agak lembek dan memiliki kandungan air yang tinggi sehingga mudah busuk jika disimpan di suhu yang tidak tepat. Sebaiknya simpan tomat di bagian rak atas kulkas agar udaranya lebih hangat. Menurut Fenster, suhu 50 derajat adalah suhu yang pas untuk tomat.

Blackberry dan Raspberry

Agar buah blackberry dan raspberry bisa awet, sebaiknya tidak membilas buah ini sebelum menyimpannya, karena air bisa masuk dari celah-celah permukaan kulit buah dan menyebabkan kedua buah ini tidak tahan lama.

Kentang dan Umbi

Untuk menjaga keawetan kentang dan umbi lainnya, sebaiknya simpan di dalam kantong kertas dan jangan menaruhnya di lemari es karena akan mengubah pati kentang menjadi gula.

(Visited 193 times, 1 visits today)