6 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

70 views Leave a comment
6 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dailymoslem – Daun kemangi merupakan salah satu daun yang biasa digunakan sebagai lalapan. Wanginya yang khas menjadikan daun ini disukai banyak orang, selain menambah kenikmatan, manfaat daun kemangi juga bisa membuat mulut lebih wangi.

Daun kemangi juga ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Mau tahu apa saja? Berikut ini 6 manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Membersihkan Darah 

Daun kemangi memiliki khasiat untuk membersihkan menghilangkan racun dalam darah dan membantu proses penyembuhan saat mengalami masalah kulit. Caranya, hancurkan daun kemangi dan campurkan dengan kunyit, bubuk cendana, dan jus lemon. Gunakan sebagai masker. Resep ini bisa digunakan untuk menghilangkan komedo, mengatasi jerawat.

Obat Alami Infeksi Kulit

Sifat anti-jamur, antibakteri dan antibiotik dalam daun kemangi dapat menjadi obat alami yang mengatasi berbagai masalah infeksi kulit seperti kurap dan vitiligo.

Membuat Kulit Bercahaya

Daun kemangi yang dicampurkan dengan putih telur dapat menjadi resep untuk membuat kulit bercahaya. Caranya, kocok putih telur dan campurkan bersama daun kemangi yang sudah dihaluskan dengan cara diblender. Oleskan di wajah dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas. Resep ini dapat mengencangkan pori-pori dan membuat kulit bercahaya.

Mengatasi Gatal Karena Gigitan Serangga

Daun kemangi juga dapat mengatasi rasa gatal karena gigitan serangga. Caranya, ambil beberapa helai daun kemangi yang masih segar, kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Kemudian, gosok-gosokkan ke bagian kulit yang gatal. Diamkan beberapa menit dan bilas.

Anti-Aging

Untuk mengatasi kerutan dan kulit yang mulai mengendur, campurkan daun kemangi dengan madu dan susu. Caranya, haluskan daun kemangi dengan menggunakan blender, kemudian campurkan dengan beberapa tetes madu, susu dan minyak kelapa. Oleskan pada wajah kemudian biarkan beberapa saat hingga mengering, kemudian cuci bersih dengan air dingin. Untuk hasil maksimal, gunakan dua kali seminggu.

Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

Campurkan beberapa tetes minyak kemangi dengan minyak kelapa, hangatkan sebentar, kemudian oleskan ke kulit kepala dan lakukan pijatan ringan. Setelah itu, tutup dengan shower cap dan biarkan semalaman, kemudian cuci keesokan harinya dengan menggunakan shampo yang ringan.

(Visited 543 times, 1 visits today)