6 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

153 views Leave a comment
Sarapan Ibu Hamil Dapat Pengaruhi Kemungkinan Jenis Kelamin Bayi

Dailymoslem – Penglihatan merupakan salah satu elemen kesehatan yang sangat penting, oleh karena itulah penting bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan mata. Berbagai hal dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, mulai dari menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak kesehatan mata, sampai konsumsi makanan-makanan tertentu yang baik untuk kesehatan mata.

Nah, berikut ini adalah 6 makanan yang sebaiknya kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Sayuran Hijau

Kandungan lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam sayuran hijau menjadikan makanan ini merupakan makanan terbaik karena kesehatan mata karena merupakan antioksidan yang mampu mengatasi katarak.

Telur

Sama seperti sayuran hijau, telur juga memiliki banyak kandungan lutein, zeaxanthin, dan seng yang dapat mengurangi degenerasi makula dan katarak.

Kismis Hitam

Kismis hitam memiliki banyak kandungan anthocyanin yang merupakan antioksidan yang memiliki sifat anti inflamasi. Kismis hitam dapat digunakan dalam bentuk minyak kismis hitam yang bisa dicampurkan dalam bumbu masakan.

Jeruk

Bukan hanya vitamin A, ternyata vitamin C juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata. Vitamin C dapat membantu meningkatkan kesehatan jaringan mata dan menjadikannya tetap sehat.

Jagung

Jika dimasak dalam jangka waktu yang cukup lama, kandungan antioksidan dan lutein dapat meningkat hingga jumlah yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

Almond

Kandungan vitamin E dalam kacang almond dapat memperlambat degenerasi makula, yaitu penyakit mata yang biasanya timbul karena bertambahnya usia. Degenerasi makula juga merupakan penyakit serius yang dapat merusak retina dan menyebabkan penglihatan kabur.

Nah, itulah beberapa makanan yang ternyata memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan mata. Selain mengonsumsi makanan tersebut, tentu kita juga harus menjaga kesehatan mata dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak mata seperti terlalu lama di depan layar laptop dan gadget atau membaca dalam gelap.

Sumber: Kompas Health.

(Visited 156 times, 1 visits today)